nusabali

Tergerus Hujan, Trotoar di Bangli Hancur

  • www.nusabali.com-tergerus-hujan-trotoar-di-bangli-hancur

Gorong-gorong mengalami pendangkalan mengakibatkan trotoar tak mampu menahan luberan air, hingga jebol. Akar pohon juga menjadi salah satu pemicu rusaknya trotoar.

BANGLI, NusaBali
Hujan lebat yang berlangsung beberapa pekan lalu, menyisakan sejumlah kerusakan di  Bangli. Di kawasan kota Bangli dan sekitarnya, trotoar di atas gorong-gorong jalan yang paling banyak rusak. Kerusakan tersebut di antaranya retak- retak, melesak, terkelupas sampai dengan kondisinya yang benyah latig, seperti yang terlihat di pertigaan Banjar Gunaksa, di Kelurahan Cempaga, Bangli. Selain memunculkan pemandangan kumuh,  kondisi trotoar yang benyah latig itu membahayakan warga, khususnya para pejalan kaki.

Jero Rama, salah seorang warga, Minggu (13/3), menuturkan, hancurnya trotoar karena banjir sebelumnya. Dia menuturkan, banjir yang terjadi beberapa waktu lalu, yang menyebabkan trotoar di sekitar pertigaan Banjar Gunaksa di Kelurahan Cempaga hancur. 

Diperkirakan selain karena sampah, hancurnya trotoar di atas gorong-gorong di sejumlah lokasi di kota Bangli, karena gorong-gorong sudah dangkal. Pendangkalan disebabkan pengendapan, material hanyutan seperti lumpur, kerikil, dan material lain. 

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Bangli Ida Bagus Wediatmika, mengakui, akibat hujan lebat yang berlangsung beberapa pekan lalu, menyebabkan banyak fasilitas umum, seperti jalan dan trotoar, hancur. Khusus trotoar yang hancur, disebabkan akar dari pohon-pohon penghijauan di pinggir jalan. Terkait hal tersebut, IB Wediatmika menyatakan sudah koordinasi dengan Dinas Tata Kota Kabupaten Bangli. “Kalau bisa, nanti akarnya yang melesak akan dipotong,” kata IB Wediatmika.  

Menurut IB Wediatmika, selain sampah, endapan, akar pohon perindang menjadi penyebab menyempitnya gorong-gorong. Hal itulah yang memicu terjadinya sumbatan, sehingga tak mampu menampung luberan air ketika hujan lebat.

“Memang, memang banyak yang rusak. Pemkab dalam hal ini Dinas PU akan melakukan perbaikan,” ucap IB Wediatmika. 

Selain di pertigaan Banjar Gunaksa, Kelurahan Cempaga, kerusakan trotoar menyebar di sejumlah lokasi di kota Bangli. Di jantung kota Bangli, mulai dari Jalan Nusantara, sampai Jalan Merdeka, kerusakan disertai dengan lubang-lubang di bahu jalan karena gerusan air. Pemandangan yang tak jauh beda, sampai terlihat di jalur Kelurahan Kubu. 

Trotoar di kanan jalan —di sisi utara di depan SMPN 2 Bangli— juga melesak karena terjangan banjir sebelumnya. 7 k17

Komentar