nusabali

Tiga Aplikasi Kepemerintahan Disiapkan

  • www.nusabali.com-tiga-aplikasi-kepemerintahan-disiapkan

Dinas Kominfo Sandi Buleleng tahun ini mempersiapkan tiga aplikasi kepemerintahan untuk meningkatkan akuntabilitas dan kepraktisan dalam menjalankan tugas.

Untuk Permudah Kerja Pegawai


SINGARAJA, NusaBali
Aplikasi itu juga disiapkan terintegrasi dengan aplikasi lainnya di satuan  OPD lain sehingga dapat diakses dengan mudah. Ketiga aplikasi disiapkan untuk Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah dan juga pengawasan Inspektorat Buleleng.

Kepala Diskominfo Buleleng, Ketut Suweca belum lama ini menerangkan setelah aplikasi itu jadi, akan dikelola oleh masing-masing OPD yang ada. Dengan aplikasi ini, diharapkan masing-masing OPD memiliki data ter-update yang mudah diakses dengan cepat menggunakan sistem digital.

“Ini merupakan cara atau teknik peningkatan akuntabilitas dan transparansi, di samping juga efisiensi dan kepraktisan dalam menjalankan tugas di masing-masing OPD,” kata dia.

Selain tiga aplikasi yang tengah disiapkan tahun ini, pihaknya juga mengklaim sudah ada 47 aplikasi lain yang beroperasi di lingkup Pemkab Buleleng. Seperti aplikasi sistem pengadaan, lelang, profil kelembagaan dan sebagainya.

Selain itu Suweca juga mengatakans sedang mengembangkan sistem membangun jaringan bersama pihak ketiga. Sehingga seluruh aplikasi yang sudah terlaksana di masing-masing OPD saat ini tersatukan dalam jaringan online. Termasuk data dari pemerintah kecamatan dan desa.

Sejauh ini dari 148 desa dan kelurahan yang ada di Buleleng, 80 desa diantaranya sudah terkoneksi dengan internet. Baik menggunakan sistem fiber optic atau wireless. Sedangkan sisanya masih berada di kawasan blank spot area. Namun ia mengaku terus akan menggodok dan berupaya untuk sambungan internet dapat menjangkau semua desa di Buleleng. Tanpa terkecuali dengan desa-desa yang berlokasi di puncak dan lembah perbukitan.*k23

Komentar