nusabali

Pujawali di Pura Tanah Lot Bius Wisatawan

  • www.nusabali.com-pujawali-di-pura-tanah-lot-bius-wisatawan

Pujawali di Pura Luhur Tanah Lot, Desa Beraban, Kecamatan Kediri, Tabanan, berlangsung mulai Budha Wage Langkir, Rabu (13/6), dan akan nyejer sampai 16 Juni 2018.

TABANAN, NusaBali

Sudah menjadi kebiasaan dari sebelumnya, prosesi pujawali ini menjadi daya tarik bagi wisatawan. Tak jarang mereka berlomba-lomba mengabadikan momen tersebut. Manajer Operasional DTW Tanah Lot I Wayan Toya Adnyana, mengatakan wisatawan bahkan mereka rela menunggu seharian untuk menyaksikan prosesi yang dilakukan oleh Desa Pakraman Beraban. “Terutama wisatawan manca negara, sangat menanti prosesi pujawali ini,” ujarnya.

“Piodalan di Pura Tanah Lot juga bersamaan dengan di Pura Batu Bolong dan Pura Penataran di kawasan Tanah Lot,” imbuhnya. Ditambahkan Toya Adnyana, jika air laut sedang pasang, pihak panitia akan memasang tali sepanjang area beji. Tali tersebut fungsinya untuk membantu pamedek yang akan bersembahyang ke luhur ataupun yang akan mapamit selesai bersembahyang. Dan juga disiapkan rubber boat untuk antisipasi air laut pasang. “Panitia sudah siapkan demi kelancaran pujawali di Pura Tanah Lot,” tandas Toya Adnyana.

Sementara satu hari sebelum pujawali, Selasa (12/6) dilaksanakan upacara Ngabejian di Beji Kaler Pura Luhur Tanah Lot. Upacara itu dilaksanakan sekitar pukul 15.00 Wita, untuk menyucikan atau membersihkan semua pratima (benda sakral) yang akan dipakai dalam piodalan besoknya dengan air suci dari Beji (sumber air suci) di Pura Luhur Tanah Lot. *d

loading...

Komentar