nusabali

17 Surat Suara Kembali Ditemukan Rusak

  • www.nusabali.com-17-surat-suara-kembali-ditemukan-rusak

KPU Jembrana melanjutkan penyortiran dan pelipatan surat suara Pilgub Bali 2018, Minggu (3/6).

NEGARA, NusaBali
Dalam penyortiran hari kedua yang dilaksanakan mulai pukul 08.00 Wita hingga pukul 15.00 Wita itu sebanyak 17 surat suara ditemukan rusak. Divisi Perencanaan, Keuangan, Umum, Logistik dan Urusan Rumah Tangga KPU Jembrana, Putu Eka Sutamarbawa, Minggu sore kemarin, mengatakan, dalam penyortiran dan pelipatan surat suara hari kedua ini, dilibatkan 30 orang.

Surat suara yang disortir dan dilipat pada hari kedua ini, jumlahnya hampir dua kali lipat dibanding hari pertama, Sabtu (2/6). Di mana pada hari pertama, total disortir 58.462 surat suara, dan 10 ditemukan rusak. Ketika dijumlahkan hari pertama dengan hari kedua kemarin, sudah disortir 161.951 surat surat. Dari 161.951 surat surat itu, 27 diantaranya rusak, sehingga yang lanjut sampai dilipat adalah 161.924 surat suara.

“Kalau yang ditemukan rusak hari ini, kerusakannya beragam. Selain robek dan berlubang seperti hari pertama, beberapa surat suara ada yang kusut, berbecak tinta, dan cetakan terlalu tipis, sehingga gambar paslon tidak terlihat secara jelas atau samar,” kata Eka Sutamarbawa.

Sebanyak 161.951 surat surat yang telah disortir selama dua hari, kata Eka Sutamarbawa, sudah hampir mencapai 50 persen dari jumlah surat suara yang sebelumnya tercatat diserahkan ke KPU Jembrana, yakni 231.532 surat suara. Karena itu, pihaknya optimis penyortiran dan pelipatan surat suara itu, sudah rampung sesuai jadwal penyortiran dan pelipatan terakhir, Rabu (6/6) nanti. “Sebelum Hari Raya Kuningan sudah selesai dilipat,” ujarnya. *ode

Komentar