nusabali

Mapepada Wawalungan Tawur di Catus Pata

  • www.nusabali.com-mapepada-wawalungan-tawur-di-catus-pata

Pemkab Klungkung menggelar upacara Mapepada di Catus Pata, Kota Semarapura, KLungkung, Soma Umanis Pujut, Senin (7/3), sehari menjelang Tawur Kasanga. 

SEMARAPURA, NusaBali
Mapepada untuk menyucikan semua jenis wawalungan (hewan sarana upacara) yang bakal dipergunakan dalam upacara Tawur Kasanga.

Panitia upacara Tawur Kasanga Kabupaten Klungkung, Ida Bagus Bayu mengatakan upacara ini menggunakan berbagai jenis wawalungan. Sebelum digunakan dalam upacara itu, semua jenis wawalungan terlebih dahulu disucikan melalui upacara Mapepada. Hewan wawalungan itu yakni kerbau, sapi, kambing hitam, anjing bangbungkem, babi belang, ayam manca dan ayam panyirang, bebek belang kalung dan putih, penyu dan sarana upakara lainnya. 

Pada upacara Mapapada juga digelar upacara Purwa Daksina untuk mengantar arwah binatang ke asalnya. Sehingga setiap binatang diantarkan ke para dewa sesuai dengan pengelompokannya. Untuk binatang berkaki dua diantarkan ke Iswara, binatang kaki empat diantarkan ke Brahma, binatang yang merangkak seperti penyu diantarkan kehadapan Mahadewa. Sedangkan untuk ikan dan binatang tanpa kaki diantarkan kepada Dewa Wisnu. Selanjutnya untuk pepohonan seperti pohon pisang dan belimbing diantarkan kepada Dewa Siwa. “Proses purwa daksina ini untuk mengantarkan rohnya kembali. Mengembalikan kepada asal rohnya,” ujarnya, didampingi seksi upacara Dewa Ketut Soma.

Upacara Tawur Kasanga saat ini dilaksanakan Desa Pakraman Timuhun, Kecamatan Banjarangkan, sebagai penyanggra. Desa Timuhun urutan ke-23 dari 73 desa adat yang digilir. Pelaksanaan Tawur Kasanga yang diambilalih desa adat ini sudah dilaksanakan sejak 1994. Sebelum diambil alih desa adat, pelaksanaan tawur kesanga menjelang Hari Raya Nyepi ini dilaksanakan oleh pihak kerajaan Klungkung.

Upacara Mapepada dihadiri Wakil Bupati Klungkung, Made Kasta, Wakil Ketua DPRD Ida Ayu Made Gayatri, Kepala Kantor Kementerian Agama Klungkung Ida Bagus Made Oka Yusa Manuaba, PHDI, Kepala SKPD di lingkup Pemkab Klungkung serta masyarakat Klungkung lainnya. Sebagai pangrajeg (penyanggra) upacara Mapepada dan Tawur Kasanga, Desa Pakraman Timuhun, Kecamatan Banjarangkan. Upacara ini dipuput Ida Padanda Gde Made Tembau, Geria Kulon, Desa Aan, Banjarangkan, Klungkung. 7 w

Komentar