nusabali

Indra Sjafri Pertahankan 'Pepepa' di Timnas U-19

  • www.nusabali.com-indra-sjafri-pertahankan-pepepa-di-timnas-u-19

Pelatih Timnas Indonesia U-19 Indra Sjafri menegaskan tak akan mengubah gaya bermain anak asuhnya.

JAKARTA, NusaBali
Indra memastikan akan mempertahankan ‘pepepa’ yang menjadi identitas Skuat Garuda Jaya.Pepepa adalah singkatan dari ‘pendek pendek panjang’. Ini cara bermain Timnas U-19 yang mengandalkan kombinasi dan bertumpu pada umpan-umpan pendek. Sekilas, permainan ini mengingatkan dengan tiki-taka ala Barcelona.

Pepepa kerap disebut sebagai tiki-taka ala Indonesia. Kendati membawa Timnas juara Piala AFF U-19 pada 2013, gaya bermain pepepa ini sempat menghilang, digantikan gaya bermain yang lebih pragmatis."Untuk permainan, saya tetap dengan filosofi bermain pepepa. Filosofi permainan ini menurut saya, sangat cocok bagi kita," ujar Indra Sjafri.

Selain itu, Indra mengaku kian yakin mempertahankan filosofi permainan pepepa. Pasalnya, kata Indra, PSSI pun memastikan mengadopsi pola permainan Pepepa ini. Filosofi inilah yang dikembangkan PSSI melalui Filanesia.Kendati memastikan tak mengubah permainan mereka, Indra Sjafri menyebut ada sejumlah perubahan yang dia lakukan di Timnas U-19. Salah satunya adalah dengan menjajal lagi sejumlah pemain anyar.

"Kami juga lihat perkembangan pemain-pemain yang waktu lalu tak lolos seleksi. Dalam beberapa hari ini akan ada pengumuman tentang siapa saja yang akan kami panggil," ucapnya.Indra Sjafri tak mau membuang waktu dalam menyiapkan skuatnya. Menurut Indra, ia telah berdiskusi dengan PSSI. Dalam pertemuan tersebut, menurut pelatih berusia 55 tahun, telah terjalin kesepakatan ihwal program-program yang akan dilakukan.

"Dalam waktu dekat, saya akan mulai pemusatan latihan (TC). Insya Allah, pada 19 Mei, saya akan mulai TC di Jakarta," ujar Indra Sjafri, pada Bola.net.Indra menyebut ada perbedaan konsep TC kali ini dengan yang biasa dihelat sebelumnya. Menurut pelatih yang pernah membawa Timnas U-19 juara Piala AFF 2013 tersebut, mereka tak akan menghelat TC jangka panjang.

"Saat ini kan sebagian besar pemain-pemain Timnas U-19 sudah bergabung dengan klub. Akan ada TC yang mengakomodir kepentingan klub dan tim nasional," kata Indra.Timnas U-19 mengikuti Piala AFF U-18 pada 2-14 Juli. Hasil undian, Timnas tergabung di Grup A bersama Thailand, Vietnam, Singapura, Laos, dan Filipina. *

Komentar