nusabali

Masukan JK Tentukan Cawapres Jokowi

  • www.nusabali.com-masukan-jk-tentukan-cawapres-jokowi

PDIP dengan partai-partai mitra koalisinya tidak gentar dengan calon presiden dari Partai Gerindra yang mengusung Prabowo Subianto atau figur lainnya.

JAKARTA, NusaBali
Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto menyatakan partainya bakal mendengar masukan dari Wapres Jusuf Kalla (JK) untuk menentukan cawapres bagi Joko Widodo (Jokowi) di Pilpres 2019. Selain JK, PDIP juga bakal mendengar masukan dari para ketua umum (ketum) parpol pendukung Jokowi.

"Tentu kami bersama mendengarkan Pak JK, bersama para ketum menentukan arah ke depan termasuk bagaimana wapres sebagai pemimpin untuk rakyat yang bersatu bersama dengan Bapak Jokowi," kata Hasto di Kantor DPP PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Minggu (8/4).

Hasto juga menyatakan Jokowi secara pribadi bakal mendengar masukan dari berbagai pihak terkait cawapres untuk dirinya. Menurut Hasto, Jokowi bakal membangun dialog dengan para tokoh agama hingga pelaku usaha nasional. "Di luar itu pun pak Jokowi dengan tradisi dialog yang begitu kuat sebagai ciri kepemimpinan pak Jokowi akan mendengarkan masukan dari tokoh agama, pelaku perekonomian nasional untuk melihat," ujarnya

Namun, Hasto tak menjawab secara tegas apakah nama Ketum Golkar, Airlangga Hartarto masuk dalam kandidat cawapres untuk Jokowi. Ia hanya menyatakan Rakernas Golkar memang telah memberi aspirasi agar Airlangga sebagai cawapres.

"Tentu saja kalau melihat dari rapat kerja nasional partai Golkar beberapa waktu lalu mereka akan membawa aspirasi agar pak Airlangga dapat menjadi bagian representasi Golkar untuk diusulkan," ucap Hasto. Hasto juga menyatakan partai politik yang mendukung Jokowi bukan sekedar berorientasi untuk cawapres. Ia menyatakan parpol pendukung Jokowi akan fokus pada program yang menyejahterakan rakyat.

"Orientasi partai politik bukan sekedar siapa yang menjadi calon wakil presiden. Tapi bagaimana sistem presidensial bisa bekerja efektif sehingga orientasi kesejahteraan bagi rakyat dapat semakin difokuskan dengan mengefektifkan jalannya pemerintah," pungkas Hasto dilansir detik.com. Hasto juga menegaskan PDIP dengan partai-partai mitra koalisinya tidak gentar dengan calon presiden dari Partai Gerindra yang mengusung Prabowo Subianto atau figur lainnya pada Pilpres 2019.

"PDIP sudah siap berkompetisi, yang utama adalah untuk bangsa dan negara," kata Hasto. Menurut Hasto, Pilpres adalah kompetisi untuk mencari pemimpin nasional guna memimpin negara ini selama lima tahun ke depan. Karena itu, dalam kompetisi pemilu presiden ini harus dapat mengedepankan, gagasan, visi, misi, dan program kerja, jangan sampai menghalalkan segara cara yang dapat memecah persatuan bangsa. *ant

Komentar