nusabali

Terbaik Dalam Berdayakan Koperasi, Tabanan Raih Penghargaan dari Kemenkop

  • www.nusabali.com-terbaik-dalam-berdayakan-koperasi-tabanan-raih-penghargaan-dari-kemenkop

Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti meraih penghargaan nasional sebagai pemerintah daerah dengan Organisasi Perangkat Daerah Bidang Koperasi, Usaha Mikro Kecil dan Menengah Terbaik tahun 2017.

TABANAN, NusaBali

Penghargaan ini diberikan oleh Kementerian Koperasi dan UKM kepada kepala daerah atas kinerja dalam pemberdayaan koperasi dan UMKM di wilayahnya masing-masing.Penghargaan diserahkan oleh Menteri Koperasi dan UKM Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga di DI Jogjakarta, Rabu (4/4). Kegiatan tersebut juga dirangkaikan dengan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) 2018 Bidang Koperasi dan UMKM.

Bupati Eka mengungkapkan rasa syukurnya dan dirinya berkomitmen untuk mengubah koperasi ke arah yang lebih baik. “Penghargaan ini merupakan wujud perhatian kepada usaha perkoperasian kita, khususnya di Tabanan. Karena memang kita komit untuk berubah ke arah yang lebih baik,” ucapnya.

“Ke depan, koperasi dan UMKM diharapkan tidak hanya memberikan kredit,  tapi hendaknya mampu berbuat banyak untuk kemajuan usaha kecil dan menengah sehingga usaha tersebut mampu bersaing,” imbuh Eka.

Sedangkan Puspayoga mengungkapkan pembangunan koperasi, usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) ditujukan pada upaya untuk mewujudkan bangsa yang berdaya saing dalam rangka memperkuat perekonomian domestik dengan orientasi dan berdaya saing global.

“Pembangunan koperasi dan UMKM cukup kompleks, menantang dan mulia sifatnya. Untuk itu semangat keberpihakan pemerintah pusat dan daerah dalam membangun koperasi dan UMKM harus disertai dengan semangat membangun kemandiriannya,” ungkapnya.

Pihaknya berharap rakornas ini dimanfaatkan untuk menginformasikan capaian kinerja pembangunan koperasi dan UMKM serta memperoleh umpan baik dari pemda khususnya OPD yang membidangi koperasi, UMKM terhadap pelaksanaan kebijakan dan program/kegiatan pembangunan sektoral bidang KUMKM.

“Saya juga berharap sinergi dan kerja sama agar makin diperkuat dan terus berlanjut dalam dinamika yang harmonis untuk mendukung secara nyata, merumuskan, dan mengimplementasikan semua kebijakan dan program pemerintah yang lebih bermanfaat,” imbuhnya.

Di acara tersebut juga diserahkan penghargaan dengan kriteria-kriteria yang lain di bidang perkoperasian, serta penyerahan bantuan berupa kredit kepada beberapa koperasi dan UMKM. Selain itu, penghargaan juga diberikan kepada koperasi-koperasi yang dinilai berkinerja terbaik sepanjang 2017. *d

Komentar