nusabali

SMKN 1 Petang Pinjam Tempat di SMPN 1 Petang

  • www.nusabali.com-smkn-1-petang-pinjam-tempat-di-smpn-1-petang

Ujian nasional berbasis komputer (UNBK) tingkat sekolah menengah kejuruan (SMK) serentak digelar, Senin (2/4).

UNBK SMK di Kabupaten Badung


MANGUPURA, NusaBali
Pada hari pertama, ujian berlangsung lancar. Di SMKN 1 Petang, misalnya, kendati baru tahun pertama melaksanakan UNBK, tapi pelaksanaannya berjalan lancar alias tanpa ada kendala. “Secara umum semua berjalan lancar, sesuai harapan. Karena faktor sarana dan prasarana, jadi kami meminjam tempat di SMPN 1 Petang,” ujar Kepala SMKN 1 Petang I Gusti Putu Asih.

Ada sebanyak 137 siswa dari SMKN 1 Petang yang mengikuti UNBK tahun ajaran 2017/2018. Lantaran jumlah muridnya cukup banyak, UNBK dilakukan dalam dua sesi. “Di SMPN 1 Petang memiliki dua ruang laboratorium komputer, masing-masing laboratorium ada sekitar 35 komputer. Makanya kami bagi pelaksanaan UNBK dua sesi,” imbuh Putu Asih.

“UNBK ini kali pertama di SMKN 1 Petang. Karena tahun lalu kami masih melaksanakan UNKP (ujian nasional kertas pensil). Tapi syukur tidak ada hambatan,” kata Putu Asih.

Dikatakannya, lancarnya pelaksaan UNBK hari pertama dengan mata pelajaran Bahasa Indonesia, tidak lepas dari persiapan matang yang dilakukan serta dukungan semua pihak, terutama pihak SMPN 1 Petang. “Sebelumnya kan sudah diberikan simulasi. Nah, berdasarkan pengalaman (melaksanakan simulasi, Red) mudah-mudahan tidak ada masalah,” harapnya.

Putu Asih juga berharap agar pemerintah membantu menyediakan laboratorium komputer yang memadai dalam upaya mendukung UNBK. Dengan begitu, tahun ajaran baru 2018/2019, SMKN 1 Petang bisa melaksanakan UNBK di sekolah tanpa harus meminjam tempat.

“Ya muda-mudahan pemerintah bisa melengkapi sekolah kami dengan laboratorium komputer, sehingga tahun depan tidak lagi pinjam tempat,” harapnya.

Pada bagian lain, Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan, dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Badung I Ketut Widia Astika tak banyak memberikan komentar perihal pelaksanaan UNBK tingkat SMK. Sebab, Pemkab Badung tidak lagi memiliki kewenangan semenjak pengelolaan SMA/SMK dilimpahkan ke pemerintah provinsi.

Untuk diketahui, pelaksanaan UNBK tingkat SMK akan berlangsung hingga 5 April 2018 mendatang. Pada hari pertama, siswa mengerjakan soal mata pelajaran Bahasa Indonesia, hari kedua yakni mata pelajaran Matematika, hari berikutnya mata pelajaran Bahasa Inggris, sedangkan hari terakhir adalah mata pelajaran Teori Kejuruan. *asa

Komentar