nusabali

Diikuti 8.543 Atlet dan Artis Pelajar, Wabup Suiasa Buka Porjar dan PSP Badung 2018

  • www.nusabali.com-diikuti-8543-atlet-dan-artis-pelajar-wabup-suiasa-buka-porjar-dan-psp-badung-2018

Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa secara resmi membuka Pekan Olahraga Pelajar (Porjar) dan Pekan Seni Pelajar (PSP) Kabupaten Badung tahun 2018 di Lapangan Umum Mengwi, Jumat (23/3).

MANGUPURA, NusaBali
Pembukaan Porjar dan PSP ditandai dengan pelepasan balon dan penyerahan piala bergilir dari juara umum tahun lalu untuk diperebutkan kembali.Acara pembukaan juga dimeriahkan demonstrasi taekwondo Badung. Porjar dan PSP kali ini melibatkan 8.543 orang atlet dan artis dari kontingen SD, SMP, SMA/SMK se-Badung.

Wabup Suiasa sangat mendukung ajang Porjar dan PSP ini. Menurutnya ajang olahraga dan seni ini merupakan komitmen dari Pemkab dan DPRD Badung beserta seluruh pemangku kepentingan di bidang olahraga dan seni. Tujuan yang diharapkan dari kegiatan ini adalah untuk bersama-sama membangun karakter dan sikap mental serta jati diri generasi muda khususnya pelajar sehingga ke depan akan mampu tumbuh dan berkembang menjadi anak bangsa yang memiliki sikap mental, serta jati diri yang kuat dan kokoh dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Ajang ini juga sebagai seleksi para atlet dan artis pelajar yang berprestasi untuk dibina sebagai duta Kabupaten Badung. Dengan begitu nanti jika dibutuhkan dapat diterjunkan di ajang yang levelnya lebih tinggi. “Selain itu Porjar sebagai upaya evaluasi secara menyeluruh dan komprehensip sejauhmana pembinaan yang dilakukan ditingkat olahraga dan seni,” tandas Wabup Suiasa.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan, dan Olahraga (Disdikpora) Badung I Ketut Widia Astika melaporkan, di ajang akan ada evaluasi secara cermat dan teliti terhadap peningkatan prestasi yang telah dicapai atlet dan artis untuk diterjunkan pada Porjar Provinsi Bali yang akan dilaksanakan 1–6 Juni 2018 di Denpasar.

Kegiatan yang dilaksanakan mencakup 23 cabang olahraga meliputi atletik, bulutangkis, basket, voli, voli pasir, catur, criket, gate ball, judo, karate, panjat tebing, pencak silat, petanque, renang, senam, sepakbola, sepak takraw, soft ball/base ball, taekwondo, tarung derajat, tenis lapangan, tenis meja, wood ball.

Sedangkan bidang seni meliputi; jenjang SD yakni tari rejang dewa/baris tunggal, mesatua Bali, macepat/sekar alit, melukis, menyalin huruf latin ke aksara Bali. Jenjang SMP yakni tari jauk keras/jaran teji, mapidarta basa Bali, makidung/sekar madya, melukis, menyalin huruf latin ke aksara Bali di atas daun lontar.

“Porjar dan PSP tahun ini diikuti sebanyak 8.543 orang dari kontingen SD di 6 kecamatan dan seluruh SMP serta SMA/SMK negeri dan swasta seluruh Badung. Porjar dan PSP akan berlangsung 23 hingga 28 Maret 2018 mendatang,” ungkap Astika. *asa

Komentar