nusabali

Gerhana Matahari Total Bersamaan Nyepi

  • www.nusabali.com-gerhana-matahari-total-bersamaan-nyepi

Gerhana Matahari Total (GMT) pada 9 Maret akan melintasi 12 provinsi di Indonesia. 

Bengkulu, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Jambi, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, dan Maluku Utara.

Maka pagi langka itu akan menyerupai petang. Gerhana kali ini istimewa karena Indonesia menjadi lokasi pengamatan terbaik sedunia. "Indonesia akan menjadi satu-satunya daratan yang dilewati gerhana," kata Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Thomas Djamaluddin.

Indonesia pernah menjadi satu-satunya daratan di dunia yang digunakan untuk pengamatan gerhana pada 11 Juni 1983. 

Saat itu, gerhana bisa dilihat dari Jawa bagian tengah, Sulawesi bagian selatan, dan Papua bagian selatan. Setelah tahun 2016, Indonesia baru akan menjadi daratan terbaik untuk pengamatan GMT total pada 25 November 2049. 

Totalitas gerhana di Indonesia barat akan berlangsung pada sekitar pukul 07.20 WIB, sementara di Indonesia tengah sekitar pukul 08.25 WITA. Di Indonesia timur, totalitas akan terjadi sekitar pukul 09.50 WIB.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan, wilayah barat Indonesia akan lebih cerah saat terjadinya GMT. Peluang hujan di wilayah barat Indonesia lebih kecil daripada wilayah timur sehingga peluang terlihatnya gerhana matahari lebih besar.

"Bengkulu, Palembang, Palangkaraya, dan Palu peluang hujannya paling kecil. Jadi sebaiknya pergi ke sana," kata Yunus Subagyo Swarinoto, peneliti senior bidang klimatologi dari BMKG.

Menurut Yunus, peluang hujan di keempat wilayah itu 20 persen. Sementara peluang hujan di wilayah Ternate dan Maba yang sebenarnya akan mengalami gerhana terlama 90 persen.

Kepala Pusat Meteorologi Publik BMKG Mulyono Prabowo, mengungkapkan prakiraan cuaca itu sesuai data pola cuaca di berbagai wilayah Indonesia selama bertahun-tahun.
Awal tahun, pembentukan awan terkonsentrasi wilayah barat Indonesia. Wilayah timur cenderung cerah. Pertengahan tahun, terjadi hal sebaliknya.

"Maret nanti adalah masa transisi. Awan mulai terbentuk di wilayah timur," kata Mulyono dalam konferensi pers di Jakarta pada Kamis (11/2/2015).

Kondisi cuaca di wilayah Bengkulu dan Palembang juga lebih baik dibandingkan Belitung. Itu disebabkan wilayah Belitung yang berupa kepulauan.

Yunus katakan, pagi hari, awan masih banyak terbentuk di lautan. Wilayah kepulauan seperti Belitung lebih banyak dipengaruhi oleh lautan sehingga pagi hari cenderung berawan.

Akurasi prakiraan cuaca kali ini adalah 60 persen. BMKG terus memperbarui prakiraan cuacanya. Prakiraan cuaca H-7 nanti 85 persen sementara 3 jam sebelumnya lebih dari 85 persen.

Teknologi modifikasi cuaca tidak mungkin dilakukan saat gerhana. Biaya modifikasi cuaca pada wilayah yang luas akan terlalu besar.

GMT akan terlihat paling lama di Ibukota Kabupaten Halmahera Timur yakni Maba. Di antara durasi di kota-kota lain, Maba dianggap jadi tempat terbaik melihat GMT.
"Daerah yang paling lama mengalami gerhana matahari di Maba, Halmahera Timur, Provinsi Maluku Utara sekitar 3 menit 17 detik," kata Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Thomas Djalaluddin.

Di setiap wilayah Indonesia nantinya akan mengalami durasi GMT yang berbeda.
"Di wilayah barat, Puncak Gerhana Matahari Total bagi dilalui pada pukul 7.20 WIB. Waktunya hanya selama 1,5 menit. Bagian tengah, puncak gerhananya pukul 8.35 Wita. Waktu gerhananya 2 menit. Di Timur, pukul 9.50 WIT selama 2-3 menit," jelasnya.

Kepala Dinasi Kebudayaan dan Pariwisata Kota Ternate, Anas Conoras mengatakan Maba adalah satu tempat yang dapat dijangkau dari Ternate menggunakan pesawat terbang dan jalur darat. Jika berpesawat, ia menjelaskan lama tempuh perjalanan 28 menit.

"Kalau jalan darat naik mobil sekitar 2-3 jam," imbuhnya.

Menteri Pariwisata Arief Yahya menyambut momen durasi terlama tersebut dengan kesempatan mempromosikan Maba. Ia berharap pihak pemerintah daerah terkait yakni Maluku Utara untuk mempromosikan. "Maba itu yang paling lama. Itu kesempatan untuk mempromosikan tempat wisata," tambahnya.

Selanjutnya...

Komentar