nusabali

Pengungsi di Posko Kembang Merta Pulang

  • www.nusabali.com-pengungsi-di-posko-kembang-merta-pulang

Pengungsi yang berada di Posko Kembang Merta, Desa Candikuning, Kecamatan Baturiti, Tabanan, sudah pulang ke Karangasem pada Minggu (25/2).

TABANAN, NusaBali

Mereka diantar lima unit truk dan dikawal Polisi Polsek Baturiti. Berarti saat ini setiap posko pengungsi di Tabanan sudah kosong. Perbekel Desa Candikuning I Made Mudita, menjelaskan sebanyak 185 orang pengungsi di Posko Kembang Merta yang sebelumnya tinggal, seluruhnya sudah kembali ke kampung halamannya. Mereka diantar lima  unit truk termasuk kendaraan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tabanan untuk mengangkut logistik yang tersisa. “Jadi sekarang Pokso Kembang Merta sudah kosong,” ungkapnya.

Kata dia, pengungsi pulang diantar oleh sejumlah prajuru adat Kembang Merta, Sekcam Baturiti, dan Sekdes Desa Candikuning. “Pengungsi yang pulang ini diantar ke Desa Sebudi, Kecamatan Selat, Karangasem,” imbuhnya.

Sementara untuk logistik yang masih tersisa juga dibawa ke kampung halaman. Pengangkutan logistik ini juga dilakukan oleh BPBD Tabanan. “Ada satu truk yang mengantar, logistik juga sudah dibagi-bagi kepada pengungsi,” tutur Mudita.

Sementara itu, Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Tabanan I Putu Trisna Widiatmika seizin Kepala BPBD Tabanan I Gusti Ngurah Sucita, menjelaskan dua orang anggota BPBD turut mengantar pengungsi pulang ke Karangasem. Anggota BPBD ini membawan kendaraan 1 unit truk besar. “Ya, kami ikut mengantar atas koordinasi dari Camat Baturiti dan Desa Baturiti untuk menjadi sopir,” jelasnya.

Kepulangan pengungsi di Posko Kembang Merta ini merupakan rombongan terakhir pengungsi di Tabanan yang kembali ke kampung asal mereka. Saat ini pengungsi di Tabanan sudah kosong. “Sekarang sudah tidak ada pengungsi di Tabanan, meskipun ada beberapa, itu pengungsi mandiri yang tinggal di rumah saudara,” tegas Trisna. *d

Komentar