nusabali

Mobil Pelayanan Keliling Disdukcapil Diuji Coba

  • www.nusabali.com-mobil-pelayanan-keliling-disdukcapil-diuji-coba

Sebuah mobil minibus milik Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Buleleng yang telah dipermak khusus untuk pelayanan keliling, Kamis (1/2) kemarin diujicoba di Taman Kota Singaraja.

SINGARAJA, NusaBali
Kehadiran mobil pelayanan keliling itu pun disambut antusias oleh warga. Meski baru diujicobakan puluhan pelayanan yang dilakukan. Kepala Disdukcapil Buleleng, Ni Putu Ayu Reika Nurhaeni dihubungi kemarin menjelaskan dari hasil uji coba sementara tidak titemukan hambatan. Baik soal kelancaran sistem dan juga pelayanan yang dilakukan. Hingga sore kemarin di hari uji coba terdata tiga orang melakukan perekaman e-KTP, satu orang mengurus akta kematian, satu akta kelahiran, atu perbaikan akta perkawnan dan 50 keping pencetakan e-KTP.

“Hari ini kami adakan ujicoba sebelum besok (hari ini,red) dilangsungkan pelayanan perdana pada masyarakat Kota Singaraja, sementara semuanya lancar alat berfungsi maksimal dan tanpa hambatan,” ujar dia.

Mobil pelayanan keliling itu sebenarnya sudah diadakan di tahun anggaran 2017 lalu. Namun karena harus diseting sedemikian rupa,  baru selesai bulan Desember lalu.

Mobil senilai Rp 848 juta yang dananya diambil dari APBD khususnya DPA Disdukcapil dan sudah dimodifikasi sedemikian rupa, sehingga warga yang mengurus administrasi kependudukannya dan mendapat pelayanan sama dengan di kantor Disdukcapil.

“Mobil ini sudah dimodifikasi dengan alat dan teknologi, bisa langsung cetak di tempat, baik perekaman, pencetakan e-KTP, KK dan akta,” imbuh dia.   Di samping juga disertai alat dan teknologi V-Sat untuk penguat sinyal, sehingga data yang diakses langsung terkonek dengan data yang sudah dimiliki oleh Disdukcapil Buleleng.

Sementara itu pengoperasian mobil layanan keliling ini rencananya akan menyasar wilayah kecamatan di Buleleng yang masyarakatnya paling banyak memerlukan dokumen kependudukan. Sehingga dengan fasilitas mobil keliling ini dapat mendekatkan pelayanan kepada masyarakat dan meningkatkan tertib beradministrasi kependudukan.*k23

Komentar