nusabali

PSM Minta Tinjau Ulang Piala Presiden

  • www.nusabali.com-psm-minta-tinjau-ulang-piala-presiden

Pelatih PSM Makassar Robert Rene Alberts meminta Presiden Jokowi meninjau ulang waktu penyelenggaraan turnamen pramusim Piala Presiden.

MAKASSAR, NusaBali

Menurut Robert Albert, turnamen ini seharusnya dilaksanakan di pertengahan musim, bukan di awal musim.  Pada Piala Presiden 2018, PSM tidak serius, sama seperti sebelumnya. Selain tidak sepaham dengan waktu pelaksanaan,  manajemen PSM juga menggelar pramusim Super Cup Asia, pesertanya tiga tim dari negara berbeda.

Menurut Robert, turnamen pramusim ini bagus untuk perkembangan pemain serta taktikal sebelum menghadapi liga. Hanya saja terkesan terlalu kompetitif dan sebagian klub memaksakan diri.

"Mungkin hadiahnya besar, sehingga ada kompetisi sebelum kompetisi sesungguhnya. Dan ini tidak baik untuk sepakbola Indonesia," kata dia.

Mantan pelatih Arema itu mengatakan, pramusim seharusnya dijadikan ajang bagi para pelatih menyusun komposisi pemain yang tepat untuk membentuk tim sebelum liga. Tapi di Piala Presiden, menurut dia, aroma persaingan sangat kental.

"Sepertinya kita harus belajar seimbangkan banyak hal. Jangan lupa, Ini baru pramusim bukan World Cup yang memaksa harus habis-habisan di sini," ungkap Robert.

Dia menyarankan agar penyelenggaraan Piala Presiden dapat berlangsung di sela liga resmi. Dia khawatir jika turnamen pra-musim sangat kompetitif bisa membuat pemain cedera sebelum liga.  *

Komentar