nusabali

Tabanan Terima 300 Unit Bedah Rumah dari Badung

  • www.nusabali.com-tabanan-terima-300-unit-bedah-rumah-dari-badung

APDB Tabanan tahun 2018 hanya menganggarkan 17 unit bedah rumah. Angka ini sangat jauh dari daftar tunggu bedah rumah yang mencapai 500 unit.

TABANAN, NusaBali

Namun Tabanan akan mendapatkan bantuan bedah rumah dari BKK Badung 300 unit. Kamis (19/1), Kepala Dinas Sosial Tabanan I Nyoman Gede Gunawan, menjelaskan tahun 2018, BKK Badung  berupa 300 unit bedah rumah, akan bisa makin memenuhi daftar tunggu bantuan bedah rumah di Tabanan 500 orang. Namun realisasi bantuan ini belum diketahui. Tabanan juga akan mendapatkan 100 unit bantuan rehabilitasi sosial rumah tidak layak huni dari Kementerian Sosial, Rp 15 juta per unit. "Realisasi masih kami tunggu," imbuhnya.

Kata Gunawan, bantuan itu akan dibagi rata per kecamatan dengan pola skala prioritas. "Skala prioritas tetap kami nomor satukan. Misalnya pada daftar tunggu, rumahnya harus direhab. Tetapi setelah dicek, rumah sudah tidak layak, jadi yang seperti ini kami akan berikan," tegas Gunawan.

Sementara itu, Kepala Bapelitbang Tabanan Ida Bagus Wiratmaja, membenarkan Tabanan mendapat bantuan 300 unit bedah rumah dari BKK Badung dengan total anggaran Rp 15 miliar dan harga per unit Rp 50 juta. Hanya saja, bantuan ini posting anggarannya apakah di APBD induk atau perubahan, masih belum diketahui. "Yang jelas tahun 2018 Tabanan akan dapat benah rumah 300 unit bantuan dari BKK Badung ," tandas Wiratmaja.*d

Komentar