nusabali

Pemkot Rancang 17 Unit Bedah Rumah di APBD 2024

Pagu Anggaran Capai Rp 75 Juta Per Unit

  • www.nusabali.com-pemkot-rancang-17-unit-bedah-rumah-di-apbd-2024

DENPASAR, NusaBali - Pemkot Denpasar kembali menganggarkan program bedah rumah di anggaran induk 2024. Dalam anggaran tersebut pemkot menyiapkan 17 unit bedah rumah dengan dana Rp 75 juta per unitnya.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan Kota Denpasar I Gede Cipta Sudewa, Minggu (18/2). Menurutnya, untuk program bedah rumah ini, per unitnya dengan pagu Rp 75 juta termasuk pajak.

“Ini baru di APBD induk. Untuk APBD perubahan akan ada lagi. Dan untuk anggarannya dari arahan pimpinan agar bersih Rp 75 juta tanpa pajak, dan itu masih kami hitung kembali,” kata Cipta Sudewa.

Program tersebut saat ini sudah berproses, untuk detail engineering design (DED) sudah rampung. “Karena DED sudah rampung, maka kini tinggal persiapan di lapangan,” imbuhnya.

Dia menargetkan, 17 unit program bedah rumah ini sudah bisa diserahkan pada Juli 2024 ini. Selain menggunakan APBD, bedah rumah ini ada pula yang menggunakan dana CSR. Saat ini, telah rampung satu unit yang dananya bersumber dari CSR dan tinggal penyerahan

Cipta Sudewa memaparkan, untuk kriteria penerima program bedah rumah ini adalah masyarakat yang masuk dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial dari Dinas Sosial.  

“Yang pakai CSR sudah rampung. Lokasinya di Jalan kecubung. Tinggal penyerahan dari Pak Walikota kepada penerima. Itu sudah kami input tahun 2023 kemarin dan tahun ini tinggal realisasi,” ujar Cipta Sudewa.

Untuk pengerjaan DED, pengerjaan bangunan, dan pengawasan, pihaknya bekerjasama dengan pihak ketiga. Sementara itu, pada Tahun Anggaran 2023, Pemkot Denpasar memrogramkan sebanyak 23 unit bantuan bedah rumah layak huni. Sama dengan tahun ini, nilai pagu satu unit rumah sebesar Rp 75 juta. 

“Untuk pemberian bantuan rumah layak huni, kami juga melibatkan pihak BUMN, BUMD, dan perusahaan swasta melalui dana CSR di Kota Denpasar,” tandasnya. 7 mis

Komentar