nusabali

Atlet PON Bali Diprediksi 350 Atlet

  • www.nusabali.com-atlet-pon-bali-diprediksi-350-atlet

Judo dan pencak silat menambah kuota atlet Bali lolos PON 2016. Sejumlah cabor juga potensi memberi tambahan atlet.

DENPASAR, NusaBali
Prestasi atlet Bali guna meraih tiket lolos PON dari babak kualifikasi di semua cabor, kini mengalami penambahan. Setelah sebelumnya tercatat sebanyak 339 atlet, kini terus mengalami peningkatan dari sisi jumlah. Dimana, data terbaru ada penambahan atlet lolos PON dari cabor judo dan pencak silat. "Jumlah yang telah kami sampaikan dulu itu memang terus bertambah. Sedikitnya ada dua  tambahan lagi, menuju PON Bandung Jabar XIX September 2016," ucap Ketua Umum KONI Bali, Ketut Suwandi, di Denpasar, Rabu (27/1). 

Dengan adanya penambahan terus itu, KONI menyesuaikan program yang ada. Sehingga, pada awal Februari baru bisa ditentukan secara fix mengenai jumlah atlet. Belum lagi nanti ada tambahan dari cabor sepakbola, jika berhasil lolos babak kualifikasi pada bulan Maret nanti.

"Kami dengar, di cabor menembak juga ada pra kualifikasi lagi. Sehingga potensi penambahan atlet terus masih terbuka. Sehingga kami asumsikan bisa saja tembus 350 atlet," tegas Suwandi.  Mantan Ketum KONI Badung itu menambahkan, dengan situasi seperti itu, KONI memastikan ada pengurangan dan penambahan atlet. Di satu sisi ada penambahan karena berhasil menyabet tiket PON.

Sementara itu, KONI komitmen dalam penciutan atlet. "Sampai saat ini jumlah pastinya belum bisa disampaikan. Karena itu tergantung dari PB Cabor bersangkutan. Hasil seleksi mereka, dan memiliki catatan-catatan. Itu dari SK PB nantinya. Sehingga di judo ada tambahan lagi dua atlet, dua judoka putri Bali itu, yakni Aditya Putri (kelas 63kg) dan Komachi Amano Lubis (kelas 73kg). Komachi Amano Lubis merupakan judoka peraih emas pada saat PON Remaja di Surabaya, sementara untuk silat berapa total ada tambahan lolos PON belum kami terima," terangnya. 

Dengan kondisi seperti itu, KONI Bali masih terus menunggu SK PB masing-masing. Itu akan digunakan sebagai dasar resminya. Bukan serta merta menerima laporan resmi dari cabor yang melaporkan atletnya lolos PON. Bukan dalam artian tidak percaya, namun ada acuan resmi.

Wakil Ketua Umum Pengprov PJSI Bali I Nengah Sudiartha menambahkan, dua pejudo yang berhasil menyabet tiket PON itu pejudo potensial untuk bisa meraih medali. Dua judoka putri Bali itu, yakni Aditya Putri (kelas 63kg) dan Komachi Amano Lubis (kelas 73kg) menambah daftar kuota pejudo Bali dimana sebelumnya meloloskan 14 pejudo. ‪“Pertimbangan keduanya bisa lolos PON karena peringkat di atasnya naik kelas. Jadi otomatis Aditya Putri dan Komachi naik peringkat,” beber Sudiartha.‬

‪Sebelumnya, Aditya Putri di kualifikasi terakhir hanya bercokol di peringkat 11 kemudian menanjak ke posisi delapan, sedangkan Komachi yang juga di posisi 11 menyodok ke posisi tujuh besar nasional. Apalagi, Komachi yang pernah turun di kancah PON Remaja di Surabaya lalu berhasil menyabet emas. “Peluang tentu ada, tinggal persiapan seluruh atlet dimaksimalkan lagi,” kata Sudiartha.7dek

Komentar