nusabali

Klungkung Tak Ambil Jatah Transmigrasi

  • www.nusabali.com-klungkung-tak-ambil-jatah-transmigrasi

Klungkung kemungkinan besar tidak akan mengambil jatah 5 KK  jatah transmigran 2015 dari Pusat.

SEMARAPURA,NusaBali
Salah satu alasannya, karena lokasi tujuan trans di Kabupaten Luwu Timur , Kecamatan Tomini Timur, Sulawesi Selatan, masih tertutup hutan. 

Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Ida Bagus Anom mengatakan hal tersebut saat dikonfirmasi terkait dengan kouta transmigrans untuk Klungkung 2015. Dihubungi, Senin (12/10), Ida Bagus Adnyana menyatakan lokasi jajarannya termasuk Camat Nusa Penida I Ketut Sukla, sudah mejajaki lokasi tujuan transmigran. Dari pantauan langsung itulah, diperoleh gambaran, bagaimana kondisi riil di lapangan, dimana sesungguhnya lokasi trans masih tertutup. “Kita tak ingin memindahkan penduduk dengan tujuan menyejahterakan, malah mereka (warga) kian menderita,”  jelas pejabat asal Desa Kamasan, Klungkung ini. 

Apalagi, lanjut Adnyana, harus membuka hutan dengan 5 KK saja, tentu hal yang sangat memberatkan. Lain halnnya, kalau jumlahnya lebih, misalnya sampai 25 KK atau digabung dengan calon transmigran lain dari kabupaten/kota lainnya di Bali, dalam satu lokasi lahan/kawasan.

Namun demikian, hasil penjajakan lapangan tersebut tetap akan disosialisasikan kepada warga khususnya masyarakat ke Kecamatan Nusa Penida yang mendapat tawaran. Kata Ida Bagus Adnyana, sosialisasi itu menunggu waktu luang dari Camat Nusa Penida I Ketut Sukla.

Komentar