nusabali

Lolak Nyaleg DPR RI Lewat Dapil Sulawesi Tengah

  • www.nusabali.com-lolak-nyaleg-dpr-ri-lewat-dapil-sulawesi-tengah

DENPASAR, NusaBali.com - Ketua DPD Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) Bali I Kadek Arimbawa memutuskan 'nyaleg' atau maju menjadi bakal calon legislatif DPR RI melalui  daerah pemilihan (dapil) Sulawesi Tengah. Apa alasannya?

"Saya maju di (Pemilu) tahun 2024 ini sebagai (bakal) calon DPR RI dari dapil Sulawesi Tengah," ujar politisi yang lebih populer disebut Lolak usai memimpin rombongan Hanura Bali mendaftarkan bacaleg ke KPU Provinsi Bali, Jumat (12/5/2023) siang.

Kata anggota DPD RI dapil Bali dua periode, Pulau Dewata saat ini terlalu homogen secara politik. Lolak menyebut kondisi ini sebagai Bali yang 'merah pekat'. Oleh karena itu, dirinya pun berusaha berpikir realistis dengan nyaleg di dapil yang politiknya lebih heterogen dan posisi Hanura cukup kuat.

"Tidak seperti di Sulawesi Tengah, Bali ini merah pekat. Agak susah untuk diobok-obok. Mendingan daripada dipaksakan, lebih baik mengalah untuk menang," ungkap Lolak yang sebelumnya pernah menjadi anggota DPD RI Dapil Bali periode 2009-2014 dan 2014-2019 ini.

Untuk itu, Lolak memantapkan diri maju di dapil Sulawesi Tengah pasca ditugaskan DPP Hanura. Dapil yang memperebutkan tujuh kursi DPR RI ini disebut Lolak sangat 'warna-warni' di Pemilu 2019 silam. Dari tujuh wakil rakyat yang melenggang ke Senayan, semuanya berasal dari partai politik yang berbeda.

Selain itu, posisi Hanura juga cukup kuat karena memiliki Ketua DPD yang saat ini menjabat Wali Kota Palu yakni Hadiyanto Rasyid. Di samping itu, Koordinator Wilayah Hanura Sulawesi yakni Delis Julkarson Hehi juga memiliki kekuatan politik lantaran tengah memegang jabatan sebagai Bupati Morowali Utara.

Meskipun maju di tanah orang, Lolak tidak lantas melupakan pemikirannya untuk tanah kelahiran. Sebab, daerah yang disasar Lolak di Sulawesi Tengah merupakan wilayah dengan basis pemilih transmigran asal Bali. Dikatakan Lolak, jumlah basis pemilih sameton Bali saat ini sekitar 180.000.

"Sudah sekitar empat tahun saya ada bisnis di Morowali Utara dan menjadi kesempatan untuk berinteraksi dengan sameton Bali di sana. Timbul keinginan untuk berbuat lebih banyak untuk mereka," tutur Lolak.

Lolak berharap dengan dukungan masyarakat Bali di Sulawesi Tengah, dapat mengatrol perolehan suara Hanura di posisi keempat atau kelima di dapil ini. Di samping itu, pencalonannya di dapil Sulawesi Tengah juga bermula dari dukungan sang Ketua DPD, Hadiyanto Rasyid. *rat

Komentar