nusabali

Wabup Suiasa Hadiri Karya di Pura Manik Tirta Kapal Serahkan Dana Aci Rp 700 Juta

  • www.nusabali.com-wabup-suiasa-hadiri-karya-di-pura-manik-tirta-kapal-serahkan-dana-aci-rp-700-juta

Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa menghadiri Karya Mamungkah, Ngenteg Linggih, Mupuk Pedagingan, Padudusan Agung dan Tawur Balik Sumpah di Pura Manik Tirta Desa Adat Kapal, Kecamatan Mengwi, Selasa (14/11). .-IST

MANGUPURA, NusaBali

Wabup Suiasa didampingi anggota DPRD Badung Nyoman Ardana, Camat Mengwi IGN Jaya Saputra disambut Lurah Kapal Nyoman Sudiarta serta Bendesa Adat Kapal Ketut Sudarsana.

Kesempatan tersebut, Wabup Suiasa mengaturkan sembah bahkti di pura setempat serta menyerahkan dana hibah untuk aci upacara Rp700 juta yang diterima panitia Mangku Made Karta. “Bantuan yang diberikan sebagai bukti komitmen Pemerintah Kabupaten Badung dalam melaksanakan program lima tahun ke depan,” katanya.

Pada kesempatan tersebut, Wabup Suaisa menyarankan kepada seluruh masyarakat yang hendak melaksanakan upacara agar memberikan informasi kepada pemerintah, sehingga sedapat mungkin diberikan bantuan. “Karena di masyarakat masih banyak infrastruktur, seperti pura, sosial dan kegiatan adat dan agama yang perlu dikerjakan dan membutuhkan kehadiran pemerintah,” kata Wabup Suiasa sehingga di pemerintahannya sebagai Wakil Bupati bersama Bupati Badung Nyoman Giri Prasta akan tetap komite mensejahterakan masyarakat.

Sementara itu, Ketua Panitia Mangku Made Karta, mengatakan atas nama krama khususnya pengempon Pura Manik Tirtha dengan 65 KK mengucapkan terimakasih. “Bulan Juli kemarin kami juga diberikan dana hibah Rp700 juta oleh bapak bupati,” katanya. Selanjutnya, kata dia, upacara yang diaturkan pada acara Melaspas dan Mendem Pedagingan dipuput oleh dua sulinggih yaitu Ida Pedanda dari Gria Simpang Buduk dan Ida Pedanda dari Gria Jadi.

Adapun dudonan acara karya yang sudah dimulai sejak Selasa (12/9) matur piuning karya, Rabu (13/9) nyukat karang, Kamis (5/10) Melaspas uparangga karya, Selasa (17/10) nedunan Ida Betara, Sabtu (28/10) nunas tirta pura kayangan jagat, Selasa (31/10) ngingsah, Jumat (3/11) mendak agung dan mepepade tawur, Sabtu (4/11) memben tawur, Selasa (14/11) melaspas pelinggih dan mendem pedagingan, Sabtu (18/11) mendak siwi melasti, Senin (20/11) memben upacara karya, Selasa (22/11) puncak karya, Rabu (22/11) nganyarin sampai Jumat (1/12) dan Ida Betara kasineb Sabtu (2/12). *

Komentar