nusabali

Bupati Gelontorkan Hibah dan BKK Rp 100 Miliar di Jembrana

  • www.nusabali.com-bupati-gelontorkan-hibah-dan-bkk-rp-100-miliar-di-jembrana

MANGUPURA, NusaBali - Program Badung Angelus Buana, Badung Berbagi dari Badung untuk Bali berlanjut di 2024. Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta menyambangi Kabupaten Jembrana, Kamis (4/4) guna menggelontorkan dana hibah dan Bantuan Keuangan Khusus (BKK) senilai Rp 100 miliar lebih.

Turut mendampingi Ketua DPRD Badung I Putu Parwata, Sekda Badung I Wayan Adi Arnawa, Kepala BPKAD Badung Ida Ayu Istri Yanti Agustini, Kadis PUPR Badung Ida Bagus Surya Suamba, Kepala Kesbangpol I Nyoman Suendi, Kepala Bagian Perencanaan dan Keuangan Anak Agung Gede Rahmadi, Kabag Prokompim I Made Suardita, Kabag Umum I Nyoman Artaka, Kabag Kesra I Putu Sudika, dan OPD Terkait di lingkungan Kabupaten Badung.

Kehadiran Bupati Giri Prasta bersama rombongan di Gor Kresna Jvara Jembrana disambut langsung Bupati Jembrana I Nengah Tamba didampingi Nyonya Candrawati Tamba, Ketua DPRD Jembrana Ni Made Sri Sutharmi, Forkopimda Kabupaten Jembrana, Sekda Jembrana I Made Budiasa, Kepala BPKAD Jembrana I Komang Wiasa, Kepala OPD di lingkungan Pemkab Jembrana dan ribuan masyarakat Jembrana.

Sebagaimana diketahui, program Badung Angelus Buana merupakan program dalam membantu pembangunan fisik untuk menyejahterakan masyarakat. Untuk Kabupaten Jembrana disalurkan dana hibah kepada 134 penerima yang tersebar di lima kecamatan dengan total bantuan sebesar Rp 18.993.712.000. Sedangkan dan BKK diserahkan kepada 36 penerima dengan total jumlah bantuan sebesar Rp 83.050.000.000.

Bupati Giri Prasta mengatakan penyerahan hibah dan BKK kepada daerah lainnya di Provinsi Bali dipandang selaras dengan enam prinsip dasar pembangunan Kabupaten Badung. Enam prinsip tersebut antara lain Pro Growth, Pro Job, Pro Poor, Pro Culture, Pro Environment, dan Pro Law Enforcement. “Maka kita sebagai umat beragama apapun, semasih kita di Negara Kesatuan Republik Indonesia wajib kita tegak lurus dengan regulasi, artinya Undang-Undang inilah yang mengatur kehidupan dan berkehidupan berbangsa dan bernegara,” ucap Bupati Giri Prasta.

Lebih lanjut disampaikan, tujuan penyerahan dana hibah merupakan bentuk komitmen dari program ‘Badung Angelus Buana’, di mana tujuan dari program ini tidak lain untuk meringankan beban masyarakat. Menurut Bupati Giri Prasta, ketika berbicara program dana hibah ataupun BKK, maka di sini akan muncul namanya pemerataan ekonomi dan pemerataan pembangunan.

“Ketika pemerataan pembangunan dan ekonomi ini muncul, kami pastikan di wilayah kita ini, di Pulau Dewata ini akan tercipta yang dimaksud dengan kesejahteraan yang berkeadilan,” ucap Bupati Giri Prasta.

Bupati Giri Prasta juga berpesan kepada masyarakat penerima hibah agar selalu bersatu padu melaksanakan semua program pembangunan di wilayah masing-masing. “Saya ingin sampaikan siapapun yang mendapatkan bantuan agar betul-betul dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat. Jangan sampai bantuan ini dimanfaatkan untuk kepentingan pribadi atau kelompok tertentu saja,” pesan bupati asal Desa Pelaga, Kecamatan Petang ini.

Bupati Jembrana I Nengah Tamba menyampaikan terima kasih kepada Bupati Giri Prasta dan pemerintah Kabupaten Badung dengan Program Angelus Buana, yang merupakan program untuk menyejahterakan masyarakat. “Kami sangat terharu dan sekali lagi mengucapkan banyak-banyak terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Bapak Bupati Giri Prasta beserta jajaran Pemkab Badung karena telah bersedia hadir di Kabupaten Jembrana dalam rangka penyaluran dana hibah secara langsung kepada masyarakat Kabupaten Jembrana. Dana hibah yang beliau salurkan untuk masyarakat Jembrana sangatlah besar, dan ini wujud rasa sayang beliau kepada kita masyarakat Jembrana,” ujarnya.

Bupati Tamba juga berharap kepada Bupati Giri Prasta agar terus melanjutkan Program Angelus Buana, karena program ini benar-benar membantu masyarakat yang saat ini khususnya masyarakat Jembrana. “Apalagi bantuan yang diberikan kepada kami hampir menyamai pendapatan PAD kami yang ada di Kabupaten Jembrana. Kabupaten Badung kami anggap sebagai orang tua angkat kami di Kabupaten Jembrana. Untuk itu kami ajak seluruh masyarakat Jembrana untuk mendoakan agar Kabupaten Badung tetap menjadi kabupaten yang pendapatan PAD-nya terbesar di Bali dan selalu membantu kami di Jembrana,” imbuhnya. @ ind

Komentar