nusabali

Kuasai Ball Possession

  • www.nusabali.com-kuasai-ball-possession

Kuasai penguasaan bola (ball possession) dan tidak terpancing untuk bernafsu menyerang.

Jelang Tandang Lawan Barito Putra


MANGUPURA, NusaBali
Demikian evaluasi pelatih Bali United Widodo Cahyono Putro, menjelang laga  menghadapi tuan rumah Barito Putera, di Stadion 17 Mei, Banjarmasih, Rabu, 25 Oktober 2017.  Widodo juga meminta pemain agar mengutamakan penguasaan bola dan mengendalikan nafsu menyerang. Hal ini harus dilakukan agar Serdadu Tridatu memperoleh hasil maksimal di empat laga sisa.

Permintaan Widodo itu disampaikan terkait performa tim, terutama ketika unggul seperti saat mengalahkan PS TNI 2-1 di Stadion Dipta Gianyar, Jumat (20/10) malam WIB. Sepuluh menit menjelang laga berakhir, PS TNI menebarkan ancaman serius di pertahanan Bali United.

“Saya melihat pemain sudah terbiasa. Saya sudah minta pemain agar lebih pintar. Ini seperti di Persiba (Balikpapan). Kami sudah unggul, tapi para pemain maunya menyerang terus. Ini yang harus dikendalikan,”kata Widodo

Menurut  Widodo naluri pemain sepertinya ingin menambah jumlah gol. Padahal sudah diinstruksikan, untuk menguasai bola selama mungkin. Hal ini karena masa recovery pemain lebih pendek dibandingkan lawan.

“Ini bukan miskomunikasi, itu lebih ke naluri pemain saja ketika mendapat bola maunya lari kencang saja (menyerang), karena ada peluang untuk mendobrak pertahanan mereka. Ini menjadi evaluasi kami,”kata Widodo.

Mengenai ditariknya Marcos Flores pada menit ke-20, Widodo mengutarakan, ia harus mengambil keputusan itu. Ia tidak ingin menambah daftar pemain cedera. Apalagi Liga 1 kini hanya menyisakan empat laga. “Flores tertarik otot pahanya, dan dia minta diganti, sehingga saya ganti. Saya memasukkan Yabes Roni agar daya dobraknya lebih tinggi,” jelas Widodo.

Sedangkan kapten tim Fadil Sausu menilai, PS TNI bermain dengan rapat sehingga menyulitkan pemain Bali United untuk bermain satu dua sentuhan. Fadil mengakui timnya kerepotan meladeni cara bermain PS TNI di awal laga. “Jadi kami banyak mencoba lakukan variasi serangan lainnya dengan umpan crossing jauh untuk memulai serangan,” kata Fadil Sausu.

Lebih lanjut, Fadil Sausu menegaskan, tidak ada tim tamu yang boleh mencuri poin atas Bali United di sisa laga kompetisi. Ia mengatakan seluruh pemain akan memberikan kemampuan terbaik di sisa empat laga kompetisi musim ini. *dek

Komentar