nusabali

Pemanfaatan Lahan Eks DKP Dibagi Dua

  • www.nusabali.com-pemanfaatan-lahan-eks-dkp-dibagi-dua

Kepastian pemanfaatan lahan eks Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Buleleng akhirnya ditetapkan.

Perluasan SMPN 1 Singaraja untuk Lab dan Perpustakaan


SINGARAJA, NusaBali
Lahan 24,30 are tersebut akan dibagi dua oleh SMPN 1 Singaraja dan Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Pertanahan (Perkimta) Buleleng.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Buleleng Gede Suyasa didampingi Kasek SMPN 1 Singaraja Ni Putu Karnadhi, mengecek lahan yang akan dimanfaatkan untuk perluasan sekolah, Rabu (30/8). Menurut Suyasa, kepastian pemanfaatan lahan, baru didapatkan setelah dilaksanakan rembuk bersama antara Badan Keaungan Daerah (BKD), Disdikpora dan Dinas Perkimta, belum lama ini.

Karena sama-sama mendesak, pemanfaatan lahan eks DKP dibijaksanai akan dibagi menjadi dua. Lahan seluas enam are di bagian belakang akan dimanfaatkan oleh SMPN 1 Singaraja untuk perluasan sekolah. Sisanya 18 are di bagian depan akan dimanfaatkan oleh Dinas Perkimta. “Setelah ada kesepatakan kami langsung mengukur, Disdikpora dalam hal ini SMPN 1 Singaraja dapat yang blok barat bagian belakang. Di depan Dinas Perkimta, karena mereka juga harus segera pindah karena kantor yang sekarang akan dipakai museum,” ujar Suyasa di SMPN 1 Singaraja.

Kepastian pembagian lahan ini, lanjut Suyasa, SMPN 1 Singaraja akan membangun ruang laboratorium, perpustakaan dan bangunan terbuka sirkulasi siswa. Hal tersebut diutamakan mengevaluasi kekurangan yang harus dipenuhi oleh SMPN 1 Singaraja yang tempo hari meraih juara II Nasional bidang Tata Kelola Sekolah.

Selama ini SMPN 1 Singaraja masih menggunakan tiga ruang laboratorium sebagai ruang kelas. Dengan adanya perluasan nanti, seluruh siswa tidak lagi belajar di ruang lab. Sedangkan ruang lab semula akan dipakai sebagai ruang belajar.

Untuk proses pembangunan, pihaknya masih menunggu dana dari APBN yang sudah disiapkan pusat untuk perluasan SMPN 1 Singaraja, Rp 1,5 miliar. Sedangkan dalam waktu dekat ini, sekolah akan membersihkan satu ruangan di bagian belakang eks DKP yang tidak dipakai. Ruangan tersebut sementara akan digunakan ruang belajar, mengingat SMPN 1 Singaraja saat ini sedang melakukan rehab sekolah.*k23

Komentar