nusabali

Rp 6,5 M untuk Sewa Mobil Dinas

  • www.nusabali.com-rp-65-m-untuk-sewa-mobil-dinas

Pemerintah Kabupaten Tabanan kembali memilih menggunakan jasa sewa mobil untuk mendukung operasional. Pada tahun 2016 ini, sebesar Rp 6,5 miliar disiapkan untuk menyewa 91 unit mobil berbagai jenis.

TABANAN, NusaBali
Kepala Bagian Perlengkapan Pemkab Tabanan, Dewa Ayu Sri Budiarti, Selasa (12/1), menyampaikan bahwa 91 unit mobil yang disewa terdiri dari Toyota Rush sebanyak 4 unit, Kijang Innova 34 unit, Avanza 40 unit, Avansa Veloz 10 unit, APV 2 unit dan Toyota Hilux 1 unit untuk Patwal. Dengan total anggaran sebesar Rp 6,5 miliar per tahun. “Proses pengadaannya telah melalui lelang dan biaya sewa telah dikenakan pajak pada pihak rekanan,” jelas Dewa Ayu.

Dijelaskan, jika kendaraan sewa tersebut digunakan untuk kendaraan operasional yang tersebar di seluruh SKPD. Selain itu, langkah menyewa kendaraan juga dilakukan mengingat keterbatasan anggaran untuk pengadaan kendaraan di Pemkab Tabanan. “Jadi kita pandang efisiensinya, agar nantinya tidak menghambat sistem operasional,”tambahnya.

Disamping itu, jika sebelum upaya sewa kendaraan dilakukan pada tahun 2012, kendaraan operasional di Pemkab Tabanan memang sudah tidak bisa diharapkan ketangguhannya karena rata-rata berusia di atas 15 tahun. Sehingga, mogok di jalan sudah menjadi hal biasa, dan tentunya hal ini sedikit tidaknya membuat sistem operasional terhambat.

Dikatakan Dewa Ayu, penggunaan kendaraan sewa ini juga terbilang cukup mudah, hanya membutuhkan perawatan yang baik dari si pemakai. Begitu juga saat mobil mengalami kerusakan akan langsung diganti oleh pihak rekanan.

Untuk harga sewa setiap bulannya masing-masing; Toyota Rush Rp 6 juta x 4 unit menjadi  Rp 24 juta, Kijang Innova Rp 7 juta x 34 unit (Rp 238 juta), Avanza Rp 5 juta x 40 unit (Rp 200 juta), Avansa Veloz Rp 5,5 juta x 10  unit ( Rp 55 juta), APV Rp 5 juta x 2 unit (Rp 10 juta), dan Toyota Hilux Rp 13 juta.  Total yang harus dibayarkan tiap bulannya sebesar Rp 540 juta. 7 cr61

Komentar