nusabali

Pengelola Tirta Taman Mumbul Gelar Tarik Kecak di Atas Air

  • www.nusabali.com-pengelola-tirta-taman-mumbul-gelar-tarik-kecak-di-atas-air

Pengelola Tirta Taman Mumbul, Desa Sangeh, Kecamatan Abiansemal, merancang pagelaran unik untuk mempromosikan Desa Sangeh sebagai desa wisata, Sabtu (26/8) sore. 

MANGUPURA, NusaBali
Yakni sebuah pagelaran tari kecak di atas air. Pihak pengelolan menggandeng Sanggar Pancer Langit, Kelurahan Kapal, Kecamatan Mengwi, untuk pagelaran tersebut.

“Jadi nanti para penari kecak akan menari di atas air dengan rakit yang telah disiapkan. Ini untuk pertama kali kami gelar,” kata Pengelola Tirta Taman Mumbul Ida Bagus Alit Saskara, Jumat (25/8).

Gus Alit, sapaan akrabnya, menyatakan kegiatan ini merupakan inisiatif dari pengelola Tirta Taman Mumbul yang bernaung di bawah Desa Adat Sangeh. Tujuan digelarnya tari kecak di atas air untuk mempromosikan potensi wisata di Sangeh. “Selama ini Sangeh hanya terkenal dengan monyet saja. Padahal potensi lainnya Sangeh juga memiliki pengelukatan Pancoran Solas Pura Tirta Taman Mumbul. Makanya kami berinisiatif untuk menyelenggarakan kegiatan ini,” ujarnya.

Sebelum penyelenggaraan ini, aku Gus Alit, Sanggar Pancer Langit sempat membuat pagelaran tari di Tirta Taman Mumbul. “Dulu pernah Sanggar Pancer Langit bikin acara di sini, tapi dulu tarian kontemporer. Kalau sekarang berbeda, kami menampilkan tari kecak,” ungkapnya. Pihaknya berharap melalui pagelaran ini dapat menarik wisatawan berkunjung.

Lantaran ini merupakan inisiatif pihak pengelola, maka pada pagelaran ini seluruhnya dipersiapkan secara mandiri. “Tapi nanti kalau sudah diadakan secara reguler, kami harapkan dukungan dari pemerintah,” tandasnya.

Untuk diketahui, Tirta Taman Mumbul terletak sekitar 1 kilometer dari Objek Wisata Alam Sangeh. Areal Tirta Taman Mumbul tergolong asri dan indah. Tempat ini selain menjadi tempat upacara agama, juga menjadi salah satu daya tarik wisata bagi masyarakat. *asa

Komentar