nusabali

Tahan Vietnam, Jaga Asa ke Semifinal

  • www.nusabali.com-tahan-vietnam-jaga-asa-ke-semifinal

10 pemain Timnas mampu menahan Vietnam, namun hasil ini membuat Indonesia tak cukup hanya mengalahkan Kamboja di laga pamungkas. Karena tiket semifinal juga bergantung laga Thailand vs Vietnam.

KUALA LUMPUR, NusaBali
Dua tiket semifinal cabor sepakbola Grup B masih menjadi perebutan tiga Negara; Thailand, Vietnam dan Indonesia.  Pada laga Selasa (22/8), Timnas harus bermain imbang dengan Vietnam 0-0, sedangkan beberapa jam sebelumnya Thailand menang 2-0 atas Filipina. Alhasil siapa yang akan melaju ke babak empat besar bakal ditentukan dalam laga pamungkas secara bersamaan pada Kamis (24/8) pukul 16.00 Wita.  Thailand berhadapan dengan Vietnam, sedangkan Indonesia meladeni Kamboja.

Jika duel Thailand vs Vietnam ada yang kalah, maka Indonesia dengan kemenangan berapa pun akan maju ke babak semifinal. Namun jika kedua rival bermain imbang, maka Timnas harus menang dengan selisih di atas dua gol atas Kamboja, karena poin akhir ketiga Negara akan sama, 11 poin. Dan semuanya tidak saling mengalahkan, sehingga kelolosan didasarkan selisih gol. (lihat klasemen)

Timnas sendiri selamat dari kekalahan saat bertemu Vietnam  di Stadion Selayang, Rabu (22/8) malam Wita. Indonesia pada laga ini dibuat kesulitan oleh Vietnam sepanjang laga. Kartu merah untuk Hanif Sjahbandi memperberat perjuangan pasukan arahan Luis Milla, belum lagi cedera dari Satria Tama yang sempat tampil sangat bagus pada paruh pertama.

Vietnam yang dilatih Nguyen Hu Thang memegang kendali pertandingan dan beberapa kali menciptakan peluang. Namun, penampilan apik penjaga gawang Indonesia Satria Tama yang turun menggantikan Kurniawan Kartika Aji membuat peluang-peluang tersebut pupus. Tercatat setidaknya ada tiga penyelamatan penting Satria Tama dalam laga tersebut, termasuk pada menit ke 45+1, ketika dia dengan heroik menepis sundulan pemain Vietnam yang sudah berdiri bebas di depan gawang.

Di babak kedua, keadaan tidak jauh berubah di mana Vietnam terus mendominasi. Indonesia yang terus menerus diterjang serangan lawan semakin terpuruk dengan diusirnya gelandang bertahan Hanif Sjahbandi yang menerima kartu kuning kedua di menit ke-61.

Bermain dengan 10 orang, mau tidak mau Indonesia mesti bermain bertahan. Vietnam sempat mengejutkan dengan dua gol cepat di menit ke-70 dan ke-71, tetapi keduanya dianulir wasit karena sudah dalam posisi offside. Di menit 90+1, Vietnam mendapatkan peluang terbuka di depan gawang Indonesia, tetapi bisa dihentikan melalui penyelamatan luar biasa kiper Kurniawan Kartika Aji, pengganti Satria Tama yang cedera pada menit ke-67. Skor 0-0 pun bertahan sampai laga berakhir.*ant

Komentar