nusabali

Ke PSG, Neymar Resmi Pemain Termahal Dunia

  • www.nusabali.com-ke-psg-neymar-resmi-pemain-termahal-dunia

Paris Saint-Germain (PSG) secara resmi mengumumkan kedatangan Neymar Jr.

PARIS, NusaBali
Striker asal Brasil itu dikontrak selama lima tahun oleh Les Parisiens. Sukses transfer itu tak lepas reaksi keras otoritas Liga Prancis terhadap La Liga yang menolak melepas pemain asal Brasil itu. 

"Paris Saint-Germain sangat senang mengumumkan kedatangan Neymar Jr. Pada Kamis, striker asal Brasil menandatangani kontrak lima musim di hadapan perwakilan klub. Neymar Jr sekarang berkomitmen pada klub ibukota Prancis sampai 2022," tulis pernyataan PSG.

Neymar resmi hijrah dari Barcelona pada Kamis (3/8/) waktu Spanyol. Klausul rilisnya sebesar 222 juta euro atau Rp 3,5 triliun dibayar PSG secara kontan. Sedangkan Neymar sendiri mendapat bayaran 865 ribu euro per pekan sebelum pajak atau 45 juta euro per tahun selama lima tahun.

Neymar pun resmi jadi pemain termahal sepanjang sejarah. Harganya dua kali lipat nilai Paul Pogba ketika didatangkan Manchester United dari Juventus senilai 105 juta euro (Rp 1,6 triliun) tahun lalu.

Di PSG, Neymar akan mengenakan nomor punggung 10. Dia berpeluang melakoni debutnya pada laga pembuka Liga Prancis melawan Amiens, Sabtu (5/8). 

Neymar menyampaikan salam perpisahannya dengan Barcelona lewat media sosial. Ia mengucapkan rasa terima kasihnya kepada Barcelona, seraya antusias menyambut tempat barunya, Paris.

Neymar, yang berseragam Barca sejak 2013, menyampaikan salam perpisahannya dengan mengunggah empat video berseri di Instagram. Ia menceritakan banyak hal di dalamnya.

Dalam video pertama, Neymar menceritakan bagaiman perasaannya bisa bermain untuk Barca. Membela Blaugrana disebutnya mimpi masa kecilnya. 

Di video kedua, Neymar mengucap syukurnya bisa di Barca dan bermain dengan idolanya, seperti Xavi Hernandez, Andres Iniesta, Carles Puyol, Gerard Pique dan Sergio Busquets. Secara khusus, ia merasa bersyukur bisa bermain dengan Lionel Messi dan merasa terhormat bersanding dengan Messi.

Di video ketiga, Neymar menyebut alasannya pindah ke PSG. Secara tersirat, Neymar mengungkap kalau transfernya murni keinginannya pribadi, bukan karena dorongan sang ayah, Neymar Sr.

Dan pada video terakhir, Neymar menilai ini saatnya pergi dari Barca. Ia mengucapkan terima kasih banyak atas kebersamaannya selama ini. "Sekarang kupikir ini saatnya pergi. PSG akan menjadi rumahku untuk beberapa tahun ke depan," kata Neymar

Sebelumnya, Ligue de Football Professionnel (LFP) bereaksi atas penolakan La Liga melepas Neymar ke Paris Saint-Germain. Mereka meminta La Liga mematuhi aturan FIFA. Dukungan mereka berikan pada PSG untuk membawa sang pemain secepatnya. *

Komentar