nusabali

6 Siswa SMAN 1 Selat Lolos ke OSN Provinsi

  • www.nusabali.com-6-siswa-sman-1-selat-lolos-ke-osn-provinsi

AMLAPURA, NusaBali - SMAN 1 Selat, Karangasem, meloloskan 6 siswa ke OSN (Olimpiade Sains Nasional) Tingkat Provinsi Bali. Kelolosan ini setelah menuntaskan babak penyisihan OSN Tingkat Kabupaten Karangasem 2024.

Dari 6 siswa yang meraih tiket ke OSN Provinsi Bali dari 3 nomor lomba, yakni Astronomi 2 siswa, Kebumian 1 siswa, dan Geografi 3 siswa. "Target berikutnya agar mampu lolos ke OSN Tingkat Nasional," harap Kasek SMAN 1 Selat I Wayan Cenik, di ruang kerjanya, Banjar Bambang Biaung, Desa Duda, Kecamatan Selat, Karangasem, Kamis (25/4).

Untuk diketahui, prestasi SMAN 1 Selat di tahun 2024 mengalami penurunan di bandingkan saat mengikuti OSN tahun 2023. Saat itu, SMAN 1 Selat mampu meloloskan 8 siswa ke OSN Tingkat Provinsi Bali.

Kasek Wayan Cenik yang didampingi dua guru pembina, I Wayan Sutama dan I Ketut Wijaya memaparkan, walau hanya meloloskan 6 siswa terbaiknya, optimis mampu meraih hasil optimal di OSN Provinsi Bali 27-28 Mei mendatang. Sebab untuk mencapai hasil itu, sejak dini melakukan evaluasi  agar mampu mencapai hasil lebih baik. 

Sebelumnya katanya hanya melakukan pembinaan intensif selama 1 bulan, sejak Februari  2024, kali ini masih ada siswa waktu untuk melakukan perbaikan-perbaikan, di tiga mata pelajaran tersebut.

Sebenarnya lanjut I Wayan Cenik, siswa yang ikut OSN itu, sejak awal telah mengikuti pembinaan, sesuai peminatan dilakukan siswa. Sehingga hanya siswa berbakat di mata pelajaran itulah, yang dikirim ke OSN.

Sebanyak 6 siswa yang lolos ke OSN Provinsi Bali: I Made Nova Dwi Aditya kelas XI/B bidang Astronomi, I Gusti Ayu Intan Cahyani kelas XI/C, bidang Astronomi, I Kadek Angga Wiarta kelas XD/F bidang Kebumian, I Komang Agus Winata kelas X/F bidang Geografi, I Wayan Widiarta kelas XI/A bidang Geografi, dan Luh Putu Werdi Widnyani kelas XI/A bidang Geografi.

Satu-satunya siswa yang berpengalaman adalah Widiarta, tahun lalu juara OSN Geografi Tingkat Kabupaten Karangasem sehingga berhak ke OSN Provinsi Bali, kali ini kembali lolos ke OSN Provinsi Bali. "Paling tidak saya punya pengalaman ikut OSN, itulah sebabnya, peluangnya untuk menang semakin terbuka," jelas alumnus SMPN 2 Selat berasal dari Banjar Jangu, Desa Duda, Kecamatan Selat.

Rekannya Nova Dwi Aditya tak kalah semangat untuk menjadi yang terbaik. Menyadari sebagai wakil Karangasem sementara menanggung beban, tetapi beban itu dijadikan motivasi untuk bisa meraih prestasi.

"Saya juga berupaya agar mampu menyumbangkan prestasi buat keluarga besar SMAN 1 Selat, dan Kabupaten Karangasem," jelas siswa dari Banjar Geriana Kangin, Desa Duda Utara, Kecamatan Selat, yang akan berlomba bidang Astronomi.

Rekannya Wiarta yang akan berlomba bidang Kebumian, mengatakan, selain melakukan persiapan optimal, juga disertai doa. "Doa sangat penting agar tidak terkendala non teknis," jelas siswa asal Banjar Siladumi, Desa Peringsari, Kecamatan Selat.7k16

Komentar