nusabali

617 Siswa SD Berebut Tiket ke OSN Provinsi Bali

  • www.nusabali.com-617-siswa-sd-berebut-tiket-ke-osn-provinsi-bali

AMLAPURA, NusaBali - 617 siswa SD dari 355 SD se-Karangasem memperebutkan tiket ke OSN (Olimpiade Sains Nasional) Provinsi Bali. OSN Tingkat Kabupaten Karangasem ini melombakan dua mata pelajaran IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) dan Matematika, di SDN 1 Karangasem, Jalan Gatot Subroto, Amlapura, Senin (8/5).

Kepala Bidang SD dan SMP Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Karangasem I Gusti Bagus Jaya Arsana, seizin Kadisdikpora I Wayan Sutrisna,  menyebutkan OSN Tingkat Kabupaten Karangasem terlaksana, untuk memperebutkan tiket ke OSN Provinsi Bali, masing-masing di mata pelajaran IPA melibatkan 319 siswa, dan Matematika 298 siswa.

OSN tingkat Kabupaten Karangasem berlangsung secara daring (dalam jaringan), menggunakan handphone (HP). Peserta lomba datang dengan membawa pelengkapan buku kosong untuk keperluan membahas soal sebelum menjawab di HP.

Materi tes langsung dari pusat, kemudian jawaban siswa langsung terkirim juga ke pusat. Selanjutnya, pihak pusat meranking hasil tes, termasuk siswa mana layak lolos ke OSN Provinsi Bali, pusat yang menentukan.

Banyaknya siswa yang ambil bagian di OSN Kabupaten Karangasem, lanjut I Gusti Bagus Jaya Arsana, sangat memudahkan untuk pemetaan kualitas pendidikan di Karangasem. Selama ini kualitas pendidikan telah merata, bahkan sekolah-sekolah pinggiran mulai muncul menjadi pemenang.

Jelas dia, guru pengajar langsung mengantar kedatangan siswa. Setiap sekolah maksimal bisa ikut lomba menyertakan dua siswa, masing-masing untuk mata pelajaran berbeda.

Katanya, ada banyak sekolah yang ikut satu mata pelajaran. Dalam lomba OSN Kabupaten Karangasem hari pertama, melombakan mata pelajaran IPA, terbagi empat ruang kelas. Hari kedua, Selasa (9/5) melombakan Matematika. Sebelum lomba, penyelenggara memberikan pembekalan, dan melakukan ujicoba terlebih dahulu sebelum resmi memulai lomba.

Peserta lomba wajib masuk ruang kelas pukul 08.00 Wita, tetapi lomba mulai pukul 09.00 Wita. Mengenai OSN Tingkat Provinsi  Bali menurut I Gusti Bagus Jaya Arsana, jadwalnya masih menunggu. “Jadwal OSN Provinsi Bali, masih menunggu, setelah hasil OSN Kabupaten Karangasem kelar,” jelasnya.

Kasek SDN 4 Subagan, Kecamatan Karangasem I Wayan Putra mengaku telah menyertakan siswanya di OSN. “Saya berharap lolos ke OSN Provinsi Bali,” harapnya. Sebelum ikut OSN Kabupaten Karangasem, katanya, telah menggelar seleksi di internal sekolah, sehingga yang ambil bagian merupakan siswa pilihan.7k16

Komentar