nusabali

Server Eror, OSN Tingkat SD Diulang

  • www.nusabali.com-server-eror-osn-tingkat-sd-diulang

Selama OSN berlangsung banyak yang tidak bisa login, ada juga tidak bisa kirim jawaban. Oleh karena itu, sesuai saran dari Puspresnas, OSN Tingkat SD ini akan diulang.

AMLAPURA, NusaBali
Server Puspresnas (Pusat Prestasi Nasional) Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi untuk pelaksanaan OSN (Olimpiade Sains Nasional) Tingkat SD, eror. Akibatnya, pelaksanaan OSN, Minggu (7/4), terpaksa diulang. 

"OSN mata pelajaran IPA dan Matematika diulang, karena server Puspresnas error. Nanti pelaksanaannya 27 -28 Mei 2024," jelas Kepala Bidang SD Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Karangasem I Gusti Bagus Jaya Arsana kepada NusaBali di Amlapura, Minggu (7/4).

Gusti Jaya memaparkan, awalnya OSN Tingkat SD secara online digelar 20 - 21 Maret, di SDN 5 Karangasem Jalan Bhayangkara Amlapura. Dua mata pelajaran dilombakan di OSN itu, mata pelajaran IPA pesertanya 80 siswa, dan Matematika sebanyak 77 siswa.

Ternyata, selama OSN berlangsung banyak yang tidak bisa login, ada juga tidak bisa kirim jawaban. Oleh karena itu, sesuai saran dari Puspresnas, OSN Tingkat SD  ini akan diulang.

Saat OSN berlangsung, katanya, layar HP android siswa, kebanyakan mengalami blackout atau terlihat layar hitam atau putih dalam waktu cukup lama, tidak bisa log out, hal itu menyebabkan mental siswa down.

OSN itu pesertanya dari delapan kecamatan se-Karangasem. Nantinya mencari lima siswa terbaik di masing-masing mata pelajaran untuk mewakili Karangasem di OSN Tingkat SD Provinsi Bali, yang dijadwalkan 19-20 Juni, dan tingkat nasional jadwalnya 5-11 Agustus.

Gusti Jaya juga mengatakan, terkait diulangnya pelaksanaannya OSN Tingkat SD Karangasem telah melayangkan pemberitahuan kepada sekolah-sekolah yang mengirimkan peserta OSN. 

Ada sisi positifnya, pelaksanaan OSN Tingkat SD diulang katanya, sehingga siswa memiliki kesempatan untuk melakukan persiapan agar nantinya meraih hasil optimal.

OSN dilaksanakan katanya, dalam rangka meningkatkan prestasi dan pemetaan kualitas pendidikan bidang sains di tingkat SD. Tujuannya untuk menghasilkan anak-anak berprestasi di bidang Matematika dan IPA, agar ke depan mampu berdaya saing nasional dan global.

Pelaksanaan OSN Tingkat SD, berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 17 tahun 2010, sehingga nantinya mampu menjaring siswa-siswa berbakat, yang mampu mengembangkan daya nalar, kreatif dan berkembang, serta berpikir kritis. Harapan ke depan mereka akan bisa tumbuh menjadi generasi yang berkepribadian yang kokoh, kompetitif, dan mandiri.

Dalam OSN Tingkat SD tahun 2023, keluar sebagai juara,  mata pelajaran IPA I Putu Rangga Nova Wedhakarma dari SDN 1 Ulakan, Kecamatan Manggis, dan juara Matematika, I Gede Eby Vallintino dari SDN 4 Sukadana, Kecamatan Kubu.

Tahun 2023, pesertanya antusias, mata pelajaran IPA sebanyak 319 siswa, dan mata pelajaran Matematika, sebanyak 298 siswa. Sedangkan OSN tahun 2024, pesertanya jauh menurun.

Kasek SDN 4 Padangkerta, Kecamatan Karangasem I Wayan Sarja mengaku menyertakan 10 siswa di OSN itu, masing-masing 5 putra dan 5 putri. "Semoga hasilnya optimal," harapnya.7k16

Komentar