nusabali

Teco Langsung Fokus Persebaya

Bali United Butuh Satu Poin ke Championship Series

  • www.nusabali.com-teco-langsung-fokus-persebaya

Saya harus fokus dulu lawan Persebaya. Jika berhasil dapat poin, baru kami akan memikirkan pertandingan selanjutnya melawan Persita Tangerang pada 30 April. Yang penting kami fokus dulu lawan Persebaya.

GIANYAR, NusaBali
Bali United menunjukkan mental juaranya dalam laga pekan ke-32 BRI Liga 1 2023/2024. Usai kemenangan comeback 2-1 atas Bhayangkara FC, di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Sabtu malam (20/4), kini Bali United langsung fokus untuk laga melawan Persebaya Surabaya. 

Ya, Bhayangkara unggul lebih dulu melalui tendangan bebas Anderson Salles pada menit ke-72. Namun Bali United membalas dua gol melalui M. Rahmat pada menit ke-88 dan Privat Mbarga dimenit ke-90+2.

Di laga itu, Bhayangkara juga dipastikan terdegradasi ke Liga 2 musim depan, karena Persita Tangerang tahan Persik Kediri 1-1. 

Kemenangan itu membawa Bali United terus di peringkat ketiga klasemen sementara dengan 55 poin. Unggul lima poin dari Madura United dan Dewa United. Hanya butuh satu poin lagi bagi Bali United untuk mengunci posisi ketiga klasemen sementara dan lolos ke Championship Series.

Usai kemenangan itu, pelatih Bali United, Stefano ‘Teco’ Cugurra enggan euforia berlebihan. Fokus selanjutnya meraih poin menghadapi Persebaya Surabaya, dalam pekan ke-33 BRI Liga 1, di Stadion Gelora Bung Tomo, Rabu (24/4), pukul 16.00 Wita.

“Saya harus fokus dulu lawan Persebaya. Jika berhasil dapat poin, baru kami akan memikirkan pertandingan selanjutnya melawan Persita Tangerang pada 30 April. Yang penting kami fokus dulu lawan Persebaya," kata Teco.

Teco sadar menghadapi Persebaya bukanlah pertandingan yang mudah. Apalagi dalam dua laga tersisa di musim reguler, Bali United melakoni laga tandang. Usai lawan Persebaya, Skuad Serdadu Tridatu akan menghadapi Persita Tangerang di laga terakhir pada Selasa (30/4).

Jika berhasil mengunci satu poin saja, perolehan poin Bali United tidak dapat terkejar oleh Madura United, Dewa United, atau PSIS Semarang. Lawan selanjutnya di Championship Series adalah menghadapi Persib Bandung, jika posisinya tidak berubah.

"Kami harus berterima kasih dengan suporter yang hadir lawan Bhayangkara. Mereka sangat penting untuk kami bisa menang di pertandingan ini. Kami sebelum pertandingan sudah berambisi untuk menang di Kandang," kata pelatih asal Brasil itu.

Menurut Teco, dirinya dan tim harus fokus ke pertandingan lawan Persebaya. Dia menilai, masih ada waktu tiga hari untuk persiapan. Yang terpenting adalah recovery pemain dan selanjutnya focus meraih poin di Surabaya. 

Sementara itu, Persebaya sendiri tetap aman dari ancaman degradasi, meski kalah 1-3 di markas Persib Bandung, di Stadion Si Jalak Harupat, Sabtu lalu. Tim Bajul sebenarnya sedang terpuruk dengan menelan dua kekalahan beruntun. 

Namun, dua kekalahan itu tetap membuat Persebaya aman dari ancaman degradasi. Sebab Persebaya mengoleksi 39 poin dari 32 laga. 

Hal itu tidak lepas kekalahan Bhayangkara FC 1-2 di markas Bali United. Kekalahan itu secara otomatis membuat The Guardians terdegradasi.

Bhayangkara FC meraih 23 poin dari 32 laga dan tidak mungkin mengejar Persita di peringkat ke-15 atau posisi terbawah zona aman dengan 33 angka. The Guardians kini menyisakan dua laga, dengan poin maksimal 29, dengan catatan memenangi dua laga terakhir.

Situasi ini membuat dua tim sudah memastikan terdegradasi ke Liga 2 musim depan. Bhayangkara FC menyusul Persikabo 1973. Jadi tersisa satu tim yang akan terdegradasi. Posisi ke-16 atau slot terakhir zona merah masih dihuni Arema FC dengan 31 poin dari 31 laga. *

Komentar