nusabali

Libur Lebaran, Kunjungan Wisatawan di Buleleng Meningkat

  • www.nusabali.com-libur-lebaran-kunjungan-wisatawan-di-buleleng-meningkat

SINGARAJA, NusaBali - Musim libur panjang Lebaran 2024 mempengaruhi jumlah wisatawan yang berkunjung ke Daerah Tujuan Wisata (DTW) di Kabupaten Buleleng. Sejumlah DTW di Buleleng mengalami peningkatan kunjungan. Sebagian besar wisatawan tersebut, didominasi wisatawan domestik.

Kepala Dinas Pariwisata Buleleng Gede Dody Sukma Oktiva Askara mengatakan, DTW yang mengalami kenaikan yakni Kolam Renang Air Sanih, di Desa Sanih, Kecamatan Kubutambahan. Pada libur Lebaran ini, kunjungan di DTW itu disebut mengalami kenaikan 20 persen dari hari biasa. 

Selain itu, kenaikan kunjungan juga terjadi di kawasan DTW Lovina. Pada hari libur Lebaran, kunjungan wisatawan khususnya untuk menonton lumba-lumba meningkat 20-25 persen. Meningkatnya kunjungan itu, juga berpengaruh dengan keterisian hotel yang ada di wilayah setempat. Keterisian hotel, kata dia, mencapai 60 persen.

“Lovina rata-rata 60 persen, dari jumlah kamar tersedia. Yang biasanya 35-40 persen, libur lebaran mengalami kenaikan. Yang banyak berkontribusi warga yang tinggal di Bali selatan, sisanya wisatawan dari Jawa,” ujarnya dikonfirmasi Minggu (14/4) siang.

Dody menyebut, untuk kawasan wisata paling barat Buleleng, saat ini masih didominasi oleh wisatawan asing yang berasal dari Eropa. Saat ini, keterisian kamar di wilayah tersebut mencapai 80 persen. Sementara, untuk DTW yang ada di bagian selatan. Disebut wisatawan kebanyakan melakukan kunjungan. Dimana, keterisian hotel di wilayah tersebut masih di 30-40 persen. 

“Untuk di wilayah selatan, hotel tidak mengalami kenaikan signifikan. Untuk DTW yang banyak dikunjungi, seperti taman yang baru dibuka di Pancasari dikunjungi 800-1.000 orang per hari pada libur Lebaran ini. Untuk glamping, tidak banyak yang berkemah,” kata dia. 7 mzk

Komentar