nusabali

Patroli Perairan Selama Lebaran Ditingkatkan

  • www.nusabali.com-patroli-perairan-selama-lebaran-ditingkatkan

DENPASAR, NusaBali - Masuki libur panjang, pelaksanaan Ops Ketupat Agung 2024 oleh Polresta Denpasar tidak hanya di darat, melalui Satuan Polisi Perairan dan Udara (Satpolairud) dan Tourism Police, pada Senin (8/4) patroli rutin di sekitar pantai Kuta dan perairan selat Badung terus ditingkatkan. Patroli ini untuk memberikan keamanan pada tempat wisata serta mengantisipasi tindakan pemburuan ikan ilegal maupun penyeludupan barang terlarang lewat laut.

Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Kasat Polairud Polresta Denpasar, AKBP I Made Raka Sugita, yang bertujuan untuk memantau aktivitas kapal dan jukung yang melintas di wilayah perairan. Dalam operasinya, Satpolairud menggunakan Kapal Patroli (KP) XI - 2012 dengan Aiptu Made Monod Sunaedi, sebagai Danpal. Mereka melaksanakan patroli di sepanjang perairan selat Badung, yang mencakup pelabuhan Benoa, Dermaga Tanjung Benoa, Serangan, dan pelabuhan Sanur.

Kasat Polairud Polresta Denpasar, menjelaskan bahwa kegiatan patroli ini tidak hanya untuk mengantisipasi tindakan terorisme, perburuan ikan ilegal, dan penyelundupan barang-barang terlarang, tetapi juga untuk mencegah tindakan kriminalitas yang memanfaatkan jalur laut.

"Peningkatan patroli ini bertujuan untuk menciptakan situasi kamtibmas yang aman dan kondusif selama arus mudik dan balik Lebaran 1445 H. Ini merupakan upaya Polresta Denpasar dalam menjaga situasi kamtibmas yang kondusif di perairan." ungkap Kasat Polairud.

Dalam pelaksanaannya, Satpamobvit menempatkan 10 personelnya setiap hari di sepanjang kawasan Pantai Kuta. Keberadaan Polisi Pariwisata ini dianggap sangat penting untuk memberikan perlindungan dan pelayanan yang optimal bagi para wisatawan yang memilih Bali sebagai tujuan liburan mereka. Tidak hanya kawasan Kuta, namun juga objek-objek vital lainnya di Pulau Dewata tetap mendapat pengawasan ketat dari Polisi Pariwisata.

Kasat Pamobvit Polresta Denpasar, Kompol I Made Dayendra, menyatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk menjamin rasa aman dan nyaman bagi para wisatawan yang berlibur di wilayah hukum Polresta Denpasar selama libur Hari Raya Lebaran 1445 H. “Personel Polisi Pariwisata tidak hanya bertugas untuk memberikan perlindungan, namun juga melakukan penegakan hukum. Mereka dilengkapi dengan kemampuan berbahasa asing guna meningkatkan pelayanan kepada wisatawan dari berbagai negara,” imbuhnya. 7 cr79

Komentar