nusabali

Kapal Pengangkut Turis ke Gili Trawangan Digeledah

  • www.nusabali.com-kapal-pengangkut-turis-ke-gili-trawangan-digeledah

Tim Khusus Kontijensi Penanggulangan Premanisme (Timsus KPP) dan Satuan Narkoba Polres Karangasem bersama Satgas Preventif BNNK Karangasem gelar sweeping terhadap turis asing alias wisatawan mancanegara (Wisman) yang hendak menyeberang atau datang dari kawasan wisata Gili Trawangan, Lombok Utara, NTB.

AMLAPURA, NusaBali

Dalam razia yang digelar, Senin (31/7) kemarin petugas menyasar 7 kapal. Tak hanya penggeledahan badan dan barang bawaan, polisi juga lakukan test urine menyasar para nakhoda kapal.

Tim Khusus Polres dipimpin Kasat Resnarkotika AKP Agus Trisnadi, sedangkan dari Satgas Preventif BNNK Karangasem dipimpin I Nyoman Pasek Yasa. Pemeriksaan berlangsung di Dermaga Rakyat Padangbai, Kecamatan Manggis, Senin (31/7). Awalnya pemeriksaan dilakukan terhadap barang-barang bawaan wisman yang hendak menyeberang dari Dermaga Rakyat Padangbai ke Gili Trawangan yang diangkut empat kapal.

Berlanjut melakukan test urine menyasar empat nakhoda. Keempat kapal itu, yakni Kapal Pantagonia memuat 27 penumpang dengan Nakhoda Roll Steven, Kapal Wahana Gili Ocean III memuat 94 penumpang dengan Nakhoda I Wayan Payu, Kapal Mahi-Mahi memuat 61 penumpang dewasa dan 2 anak-anak dengan Nakhoda I Nyoman Suarjana, dan Kapal Marina Srikandi 18 mengangkut 64 penumpang dengan Nakhoda Eko Hadi Purnomo.

Sedangkan tiga kapal yang datang dari Gili Trawangan, semua barang wisman wajib menjalani pemeriksaan. Ketiga kapal itu, yakni Kapal Blue Water-Ekpress 7 menurunkan 50 penumpang dengan Nakhoda I Nyoman Sudarma, Kapal Wahana Gili Ocean 5 menurunkan 157 penumpang dengan Nakhoda I Gede Mustiada, dan Kapal Eka Jaya 24 menurunkan 172 penumpang dengan Nakhoda Rahman.

"Hasil test untuk 7 nakhoda negatif, dan hasil penggeledahan barang bawaan wisman tidak ditemukan narkoba. Kami bertujuan meminimalisir narkoba masuk Bali, khususnya ke Karangasem," jelas AKP Agus Trisnadi. Disinggung, sasaran razia narkoba adalah wisman yang hendak berangkat dan yang datang dari Gili Trawangan, selama ini wisman hendak berwisata ke luar Bali melalui Dermaga Rakyat Padangbai tersebut terindikasi mengonsumsi narkoba.

"Mestinya wisman itu ditest urine, tetapi situasinya belum memungkinkan," lanjut AKP Agus Trisnadi. Pasek Yasa mengapresiasi gebrakan Polres Karangasem, untuk memerangi peredaran narkoba di Karangasem. "Narkoba musuh kita bersama, mesti diperangi dari berbagai cara," jelas Pasek Yasa. *k16

Komentar