nusabali

LIB Siap Beri Subsidi Klub, Persebaya Tuntut Liga 1 Bergulir April

  • www.nusabali.com-lib-siap-beri-subsidi-klub-persebaya-tuntut-liga-1-bergulir-april

JAKARTA, NusaBali - PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) sebagai operator Liga 1 akan diskusi dengan klub-klub peserta Liga 1 2023/2024, terkait kemungkinan dikucurkannya subsidi tambahan sebagai imbas Liga 1 dihentikan sementara.

Ya, musim reguler Liga 1 pekan ke-30 dihentikan sementara PT LIB dan PSSI, demi kepentingan Timnas U-23 Indoesia mengikuti Piala Asia U-23 pada 23 April sampai 3 Mei.

Penghentian mendadak itu menimbulkan beberapa kerugian bagi pihak klub. Pasalnya, klub harus menghitung ulang pengeluaran operasional, meliputi laga kandang dan tandang, sampai gaji pemain.

“Kami akan membangun diskusi dengan para pemilik klub mengenai hal itu. tadi sudah ada omongan dengan para pemilik klub dan akan ada solusi untuk itu,” kata petugas hubungan masyarakat (Humas) PT LIB Sabina Katya, di Jakarta, Selasa (2/4) malam.

Dihentikan Liga 1 membuat jadwal kompetisi dipastikan molor. Liga 1 semestinya selesai pada Mei nanti, tetapi Sabina menyatakan pihaknya masih akan menghitung agar kompetisi itu dapat selesai tepat waktu.

Anggota Komite Eksekutif PSSI Arya Sinulingga mengakui, keputusan penghentian sementara Liga 1 cukup dilematis. Namun hal itu harus dilakukan demi kepentingan timnas dan klub-klub Liga 1.

Sementara itu, pelatih Kepala Persebaya Surabaya Paul Munster mengharapkan sisa laga Liga 1 segera bergulir kembali pada April 2024. Menurut pelatih berlisensi UEFA Pro itu, latihan merupakan kewajiban pemain profesional, terutama untuk menjaga kondisi.

"Kami profesional, harus melanjutkan latihan karena kami tidak tahu apa yang akan terjadi, karena kami masih menunggu informasi terkait kapan liga akan dimulai kembali. Jadi kami harus bersiap," kata pelatih asal Irlandia Utara tersebut.

Karena itu, latihan merupakan hal terpenting, meski anak asuhnya sempat libur selama dua hari. Selain itu,  masih ada libur Hari Raya Idul Fitri yang akan membuat para pemain libur dua hari. Selanjutnya, kata Munster, pihaknya segera memberikan pelatihan bagi pemain dengan latihan fisik dan taktik. ant

Komentar