nusabali

Sempat Ingin Mundur, Sabar/Reza Juara Spain Masters

Gelar Ganda Campuran Buka Peluang Rinov/Pitha ke Olimpiade Paris 2024

  • www.nusabali.com-sempat-ingin-mundur-sabarreza-juara-spain-masters

JAKARTA, NusaBali - Pebulutangkis ganda putra Indonesia Reza Pahlevi Isfahani menyukuri kemenangannya bersama Sabar Karyaman Gutama di Madrid Spain Masters 2024. Di laga final, Sabar/Reza menaklukkan pasangan Malaysia Junaidi Arif/Roy King Yap, 21-18, 17-21, 21-19, di Centro Deportivo Municipal Gallur, Madrid, yang berakhir Senin (1/4) dinihari Wita.

Reza mengaku tak menyangka dapat memenangkan kejuaraan BWF World Tour Super 300 ini. Pasalnya, dia sempat akan mengundurkan diri karena pasangannya, Sabar mendapat masalah di bahunya.

“Alhamdulillah sangat bersyukur atas kemenangan di turnamen Madrid Spain Masters tahun ini. Saya sendiri tidak menyangka akan bisa juara di sini,” kata Reza, dalam rilis PBSI, Senin (1/4).

Pemain 25 tahun itu menyebut kunci kemenangannya dengan Sabar adalah fokus tinggi di poin-poin akhir, terkhusus pada gim penentuan saat keduanya menang dua poin dengan skor 21-19.

Selain itu, Reza juga mengatakan hadirnya suporter Indonesia dari Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Spanyol juga menjadi faktor kunci kemenangannya dengan Sabar.

Kemenangan di Madrid Spain Masters bagi Sabar/Reza menjadi spesial karena gelar juara pertama dalam BWF World Tour. Sebelumnya mereka mencapai serangkaian hasil positif saat jadi finalis Orleans Masters 2024 dan semifinalis Swiss Open 2024.

“Kemenangan ini saya persembahkan pertama untuk saya sendiri dan semua orang yang sudah mendukung saya,” tutup Reza.

Dengan hasil itu, Indonesia membawa dua gelar juara dari Spain Masters 2024, setelah ganda campuran Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari juga memenangkan final melawan wakil China Cheng Xing/Zhang Chi, 17-21, 21-12, 21-13, dalam tempo 54 menit. 

Sedangkan ganda putri Febriana Dwipuji Kusuma/Amallia Cahaya Pratiwi terpaksa menjadi runnerup setelah kalah dari unggulan pertama asal Jepang Rin Iwanaga/Kie Nakanishi.

Sementara itu, ganda campuran Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari menyebut gelar juara Spain Masters 2024 sangat berarti bagi mereka, membuka peluang masuk Olimpiade. 

Unggulan keenam itu mengungkapkan kunci kemenangan atas pasangan China adalah keyakinan dan keberanian menerapkan strategi dan pola permainan yang sudah dipersiapkan. 

"Tiga tahun terakhir adalah ujian buat kami tapi kami tetap berusaha untuk kembali lagi dan mungkin ini jalannya Tuhan hari ini kami bisa ke podium tertinggi,” kata Rinov. 

Sedangkan Pitha mengatakan gelar juara ini memiliki banyak sekali arti bagi mereka. Tak hanya menjaga asa lolos kualifikasi Olimpiade Paris 2024, tapi juga mengulangi pencapaian pada  Spain Masters 2021.

“Kami hanya yakin bahwa semua yang diperjuangkan akan ada hasilnya entah kapan, jadi coba terus selagi kesempatan itu masih diberikan,” ujar Pitha. 

Pitha mempersembahkan gelar ini untuk keluarga, pelatih serta tim ganda campuran, PBSI dan semua yang ada di balik layar. Setelah hasil ini, Pitha bertekad fokus menjaga kesehatan karena akan jetlag dan menjaga pikiran juga setelah lima turnamen di Eropa pasti melelahkan.

“Tugas kami belum selesai, masih ada Kejuaraan Asia untuk memastikan tiket ke Olimpiade,” kata Pitha. ant

Komentar