nusabali

Atlet Para-Atletik Berjaya di Italia

  • www.nusabali.com-atlet-para-atletik-berjaya-di-italia

SOLO, NusaBali - Sembilan atlet para-atletik Indonesia meraih prestasi bagus dalam World Para Athletics Grand Prix Italian Open 2024 di Jesolo, Italia.

Dari sembilan atlet itu, diantaranya Jaenal Aripin, yang sukses finis terdepan dan meraih medali emas dalam nomor balap kursi roda 400 meter T33-54 putra, dengan catatan waktu 49,28 detik. Jaenal juga terdepan di nomor balap kursi roda 100 meter T33-34 dengan waktu 14,75 detik.

Selain itu, Fauzi Purwolaksono sukses mempersembahkan peringkat satu dalam nomor lempar lembing putra F57 dengan lemparan sejauh 45,03 meter. Lemparan ini sekaligus melampaui rekor pribadi milik Fauzi di Asian Para Games 2022.

Selanjutnya, Saptoyogo Purnomo meraih peringkat kedua dalam nomor lari 100 meter T-35-38 putra. Sprinter yang akrab disapa Yogo itu finis dengan catatan waktu 11,81 detik. Sedangkan Alfin Nomleni meraih peringkat ketiga lari 400m T20 putra dengan waktu 49,41 detik.

Fauzi Purwolaksono merasa sangat senang bisa memecahkan rekor yang pernah diukir pada ajang Asian Para Games 2022. Dalam hajatan yang berlangsung di Hangzhou itu, dia mencetak lemparan sejauh 44,69.

Meskipun bisa melampaui rekor pribadinya, Fauzi tetap enggan merasa puas dengan pencapaian ini. Dia memastikan akan terus bekerja keras agar bisa mempersembahkan gelar juara.

“Alhamdulillah, saya bersyukur atas hasil yang diraih di Jesolo, Italia, karena saya mampu melampaui rekor terbaik pribadi saya,” kata Fauzi Purwolaksono, Kamis (28/3) malam.

Hasil yang diraih atlet-atlet para-atletik ini jadi pencapaian yang penting. Sebab, prestasi mereka akan masuk dalam perhitungan poin menuju Paralimpiade 2024 yang berlangsung di Paris, Perancis.

Pelatih para-atletik Indonesia, Purwo Adi Sanyoto, mengatakan bahwa kejuaraan kali ini diikuti altet-atlet top dunia. Dia memastikan, evaluasi akan terus dilakukan agar bisa mengukir penampilan terbaik di Paris 2024.

“Kejuaraan ini diikuti sejumlah atlet dunia. Beberapa atlet Indonesia menunjukkan hasil yang sangat signifikan. Kejuaraan ini juga masuk dalam perhitungan poin menuju Paralimpiade Paris 2024 serta masuk dalam ranking Para-Atletic Dunia,” ujar Purwo.

Setelah tampil di Jesolo, Italia, tim para-atletik Indonesia akan berpartisipasi di ajang Kejuaraan Dunia Para-Atletik 2024 yang berlangsung di Kobe, Jepang, pada 17 hingga 25 Mei 2024. *

Komentar