nusabali

Adu Kreativitas Baleganjur Menyambut HUT Kota Singaraja

  • www.nusabali.com-adu-kreativitas-baleganjur-menyambut-hut-kota-singaraja
  • www.nusabali.com-adu-kreativitas-baleganjur-menyambut-hut-kota-singaraja

SINGARAJA, NusaBali.com - Rangkaian HUT Kota Singaraja ke-420 dimeriahkan dengan berbagai kegiatan, salah satunya lomba baleganjur yang diikuti oleh 10 peserta dari berbagai sekaa, sekolah, sanggar, dan komunitas seni di Buleleng.

Lomba ini diadakan di Taman Kota Singaraja pada Jumat (29/3/2024) dan para pemenang akan tampil pada puncak perayaan HUT Kota Singaraja pada Sabtu (30/3/2024) petang.

Kepala Dinas Kebudayaan I Nyoman Wisandika menjelaskan bahwa lomba ini bertujuan untuk memberikan ruang bagi seniman dalam mengembangkan kreativitasnya di bidang seni budaya, serta melestarikan adat, agama, tradisi, dan budaya Buleleng.

"Perlombaan ini menampilkan kreativitas generasi muda di Buleleng yang nantinya akan menjadi pilihan kita untuk tampil di PKB tahun depan," jelas Wisandika.

Lomba Baleganjur ini diikuti Sekaa Gong Rare Mekar, Padepokan Seni Dwi Mekar, SMAN 1 Singaraja, SMAN 2 Gerokgak, SMAN 2 Singaraja, SMAN 1 Seririt, SMAN 3 Singaraja, SMAN 4 Singaraja, SMKN 3 Singaraja, SMKN 1 Singaraja.

Salah satu pembina tabuh peserta Baleganjur dari SMAN 4 Singaraja, I Gusti Made Oka, mengatakan bahwa tema garapan yang diangkat oleh timnya adalah "Megoak-goakan" dan dipersiapkan hanya dalam waktu 2 minggu.

"Dengan waktu yang singkat ini menjadikan saya membuat garapan yang mudah ditangkap bagi anak-anak," kata Oka.

Para peserta lomba baleganjur menampilkan berbagai garapan menarik dengan mengangkat potensi daerah di Buleleng. Penampilan mereka diiringi dengan gamelan yang merdu dan kompak, menarik perhatian para penonton.

Berdasarkan penilaian dewan juri, berikut adalah para pemenang lomba baleganjur:
  • Juara 1: Padepokan Seni Dwi Mekar
  • Juara 2: SMAN 2 Gerokgak
  • Juara 3: SMAN 1 Singaraja


Komentar