nusabali

86 Siswa SMAN 1 Amlapura Lolos PTN Jalur SNBP

  • www.nusabali.com-86-siswa-sman-1-amlapura-lolos-ptn-jalur-snbp

AMLAPURA, NusaBali - SMAN 1 Amlapura tahun ini meloloskan 86 siswa ke perguruan tinggi negeri (PTN) melalui SNBP (Seleksi Nasional Berbasis Prestasi) atau jalur undangan. Jumlah ini naik dibandingkan tahun 2023, hanya 70 siswa.

Dari 86 siswa itu, terdiri dari 7 siswa diterima di Fakultas Kedokteran (FK), yakni 3 siswa di FK Unud, 1 siswa di FK Undiksha Singaraja, dan 3 siswa di FK Gigi Unud, Denpasar. "Siswa yang lolos melalui SNBP, berdasarkan prestasi rata-rata nilai rapor, dan prestasi  dari berbagai lomba," jelas Kasek SMAN 1 Amlapura I Ketut Marta Ariana, di ruang kerjanya, Jalan Ngurah Rai, Amlapura, Rabu (27/3).

Marta Ariana menambahkan, tahun 2023, dari 70 siswa yang lolos melalui jalur SNBP, hanya 2 siswa lolos diterima di Fakultas Kedokteran Unud dan 1 siswa Fakultas Kedokteran Gigi Unud. Itu artinya kali ini ada peningkatan.

Sekolah yang mengikutkan siswanya dalam SNBP, katanya, harus memiliki nomor pokok sekolah nasional . Sekolah juga mengisikan data prestasi siswa di pangkalan data sekolah dan siswa secara lengkap dan benar. 

Siswa juga harus memiliki nomor induk siswa nasional dan memiliki data prestasi yang unggul. Siswa juga mesti mengisi formulir, menuangkan nilai-nilai dari semester I hingga semester V, dan portofolio akademik dan non akademik siswa serta prestasi yang mereka catat selama mengikuti lomba-lomba. Sebab, semuanya itu ada point-pointnya.

Bagi siswa yang berasal dari keluarga kurang mampu, wajib memiliki Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K). "SNBP itu, hanya bagi siswa yang berprestasi, dengan nilai rata-rata unggul," katanya.

Empat siswa yang diterima di Fakultas Kedokteran, diantaranya 3 siswa di FK Unud, yakni Diah Shyamamohita Tri Cahyani kelas XII IPA 3, Ni Made Desi Awidya kelas XII IPA 3, dan Ida Ayu Indira Sawitri kelas XII IPA1. Satu lagi I Kadek Bayu Pradnyana di FK Undiksha Singaraja.

Sedangkan tiga siswa lainnya diterima di FK Kedokteran Gigi, Unud, Denpasar, I Putu Chandra Adyaksa Putra kelas XII IPA3, Ni Komang Vivi Ari Sandi kelas XII IP2 dan I Kadek Bagus Danan Pranajaya kelas XII IPA2.

Diah Shyamamohita mengatakan, sebenarnya sebelumnya mendapatkan tawaran kuliah di FK Undiksha Singaraja. Saat itu dia memenangkan lomba di kampus itu dan langsung diterima melalui jalur mandiri.

"Ah, saya pilih ke FK Unud Denpasar saja, melalui SNBP," kata Diah Shyamamohita, peraih gelar juara pemilihan Remaja Berbudi Pekerti XIX Undiksha Singaraja 2023.

Sedangkan, Ni Made Desi Awidya diterima di FK Unud Denpasar. Aawalnya dia hendak kuliah di jurusan Hubungan Internasional. "Setelah saya pertimbangkan, dan atas saran orangtua, agar memilih FK Unud," kata NNi Made Desi Awidyai Made Awidya.

Wakasek Humas SMAN 2 Amlapura Ni Luh Sudewi mengatakan, hanya meloloskan 56 siswa melalui SNBP. "Tahun lalu juga meloloskan 56 siswa, tahun ini jumlahnya sama. Khusus untuk tahun ini, hanya mampu meloloskan 1 siswa di Fakultas Kedokteran Unud," kata Ni Luh Sudewi.7k16

Komentar