nusabali

Ludes! Kuota Mudik Gratis Polresta Denpasar

  • www.nusabali.com-ludes-kuota-mudik-gratis-polresta-denpasar

DENPASAR, NusaBali.com - Program mudik gratis yang diselenggarakan oleh Polresta Denpasar diserbu ratusan pemudik yang ingin pulang kampung halaman menyambut Idul Fitri 1445 Hijriah. Kuota empat bus yang disiapkan Polresta Denpasar terisi penuh pada hari pembukaan, Selasa (26/3/2024).

"Alokasi empat bus dari Polresta Denpasar yang telah terisi penuh memiliki kapasitas tempat duduk sebanyak 50 seats. Kalau dijumlahkan, maka calon penumpang yang sudah terdaftar sebanyak 200 orang, ini belum terhitung balita yang kemungkinan akan dibawa oleh para orang tua," kata Kasubnit SIM Polresta Denpasar, Iptu Untung Laksono, saat ditemui di lokasi pendaftaran Satpas Polresta Denpasar (Kantor SIM), Rabu (27/3/2024).

Melihat tingginya antusiasme masyarakat, Polresta Denpasar kemudian membuka kembali pendaftaran mudik gratis pada hari kedua, Rabu (27/3/2024),  dengan menggunakan lima bus dari Polda Bali.

"Lima unit bus alokasi dari Polda Bali juga sudah dipenuhi calon penumpang di pendaftaran hari kedua. Jadi total keseluruhan berjumlah 400 orang," kata Iptu Untung Laksono.

Kasi Humas Polresta Denpasar, AKP I Ketut Sukadi, mengatakan, program mudik gratis ini merupakan program tahunan yang bertujuan membantu masyarakat memperoleh layanan transportasi umum untuk mudik.

"Ini merupakan bentuk kepedulian Polri terhadap masyarakat sekaligus menekan kepadatan kendaraan pemudik di sejumlah titik keberangkatan," kata AKP I Ketut Sukadi.

Selain itu, program mudik gratis ini pun memiliki tujuan meminimalisir angka kecelakaan pemudik. Pihak Polresta Denpasar pun menyarankan penggunaan fasilitas transportasi umum yang lebih aman dan nyaman untuk keperluan mudik, dibandingkan kendaraan roda dua yang lebih membahayakan masyarakat saat berpergian jauh.

"Jurusan yang dilayani dari program mudik gratis ini adalah Banyuwangi, Situbondo, Probolinggo, dan Surabaya (Bungurasih), dimana jadwal keberangkatan pada tanggal 5 April 2024 di Terminal Ubung," kata Kasi Humas Polresta Denpasar, AKP I Ketut Sukadi.

Fery Astriadi, salah satu calon penumpang, mengaku sangat terbantu dengan program mudik gratis ini. "Program mudik gratis ini, sangat membantu kami, masyarakat perantau yang akan mudik ke kampung halaman, karena biaya transportasi umum juga lagi pada naik semua," kata Fery.

Perantau berusia 33 tahun ini pun berharap program ini bisa terus berlanjut di tahun-tahun berikutnya. *ol4

Komentar