nusabali

Jelang Lebaran Sejumlah SPBU Bakal Diawasi

  • www.nusabali.com-jelang-lebaran-sejumlah-spbu-bakal-diawasi

TABANAN, NusaBali - Jelang arus mudik Hari Raya Idul Fitri, Dinas Perindustrian dan Perdagangan melalui Bidang Kemetrologian Kabupaten Tabanan akan melakukan pengawasan di sejumlah SPBU. Ada delapan titik SPBU yang menjadi atensi pengawasan.

Pengawasan yang menjadi fokusnya adalah meliputi takaran ukur dan juga akan melakukan pengujian dari komponen alat-alat pada mesin SPBU. 

Kabid Metrologi Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Tabanan Wayan Roby Megananta, mengatakan pengawasan rutin dilakukan tiap tahun. Ini sesuai dengan arahan dari Direktorat Metrologi Kementerian Perdagangan. “Pengawasan nanti difokuskan khusus menyasar jalur mudik yakni jalur Denpasar - Gilimanuk,” kata Roby, Selasa (26/3). 

Disebutkan kegiatan pengawasan SPBU ini bertujuan memberikan jaminan dan perlindungan kepada konsumen agar terhindar dari praktik penyelewengan saat pengisian BBM. 

Karena peningkatan akan permintaan kebutuhan BBM saat momen mudik Lebaran memungkinkan terjadinya aksi kecurangan yang dilakukan oleh oknum di SPBU, ataupun karena faktor ketidaksengajaan akibat gangguan alat (error) akibat lonjakan transaksi. 

“Kami berusaha mencegah terjadinya kecurangan yang dapat merugikan konsumen. Dan jika ditemukan SPBU yang melakukan kecurangan akan dikenakan sanksi,” tegas Roby. 

Roby menambahkan pengawasan ke SPBU jelang Idul Fitri ini merupakan bentuk kegiatan penegasan kembali dari pengawasan yang sebelumnya rutin dilakukan. “Termasuk melakukan tera ulang untuk memastikan takaran agar sesuai, sekaligus sebagai syarat pengamprahan suplai bagi SPBU itu sendiri,” tandasnya. 7 des

Komentar