nusabali

Sambut Idul Fitri, Pemkab Gelar Pasar Murah di 6 Lokasi

  • www.nusabali.com-sambut-idul-fitri-pemkab-gelar-pasar-murah-di-6-lokasi

NEGARA, NusaBali - Jelang Hari Raya Idul Fitri Tahun 2024, Pemkab Jembrana menggelar pasar murah. Pasar murah digelar di enam lokasi berbeda yang diawali dari Pasar Umum Jembrana, Kelurahan Dauhwaru, Kecamatan, Jembrana, Kamis (21/3).

Ada sejumlah sembako yang disediakan dalam pasar murah ini. Termasuk disediakan paket hemat terdiri dari 10 kilogram (kg) beras, 1 liter minyak goreng, dan 1 kg gula pasir dengan harga Rp 139.000. Kegiatan pasar murah perdana Kamis kemarin, sempat dipantau Bupati Jembrana I Nengah Tamba didampingi Wakil Bupati Jembrana I Gede Ngurah Patriana Krisna (Ipat).

Ditemui usai pemantauan tersebut, Bupati Tamba mengatakan, kegiatan pasar murah rutin dilaksanakan di hari-hari suci agama. Selain menstabilkan harga, pasar murah ini juga bertujuan meringankan beban masyarakat. "Kemarin peringatan Hari Raya Nyepi kita juga intervensi pasar untuk meringankan masyarakat. Kali ini juga bulan puasa dan menyambut Hari Raya Idul Fitri untuk membantu meringankan beban masyarakat," ucapnya.

Bupati Tamba berharap melalui pasar murah tersebut dapat mengurangi beban inflasi di Kabupaten Jembrana. Pihaknya pun mengintruksikan kepada pihak Dinas Koperasi, UKM, dan Perdagangan (KUKMP) Jembrana agar aktif memantau dinamika di pasar untuk mencegah permainan stok ataupun harga di luar batas kewajaran.

Sementara itu, Kepala Dinas KUKMP Jembrana I Komang Agus Adinata mengatakan, pasar murah dalam rangka menyambut Idul Fitri ini juga akan dilaksanakan dibeberapa wilayah Jembrana. Selain di pasar umum, pasar murah ini juga akan langsung menyasar beberapa desa.

"Setelah ini, tanggal 25 Maret akan dilaksanakan di Pasar Umum Melaya. Kemudian tanggal 27 Maret 2024 di Pasar Umum Gilimanuk, tanggal 1 April di Kantor Desa Air Kuning, tanggal 3 April di Kantor Desa Pengambengan, dan tanggal 5 April 2024 di Kelurahan Loloan Barat," ujar Adinata.7ode

Komentar