nusabali

Pangdam Udayana Kunjungi Pura Sad Kahyangan Jagad

  • www.nusabali.com-pangdam-udayana-kunjungi-pura-sad-kahyangan-jagad

DENPASAR, NusaBali - Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Bambang Trisnohadi didampingi Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Daerah IX/Udayana Ny Dian Bambang Trisnohadi mengunjungi Pura Sad Kahyangan Jagad di Bali, pada Selasa (19/3).

Pura Sad Kahyangan Jagad, adalah enam pura utama yang menurut kepercayaan masyarakat Bali merupakan sendi-sendi tegaknya pulau Bali. Pura ini adalah poin penting dari Pulau Bali untuk memberikan keseimbangan spiritual.

Pangdam yang baru menjabat itu mengunjungi Pura Sad Kahyangan Jagad diantaranya Pura Ulun danu Batur di Kintamani, Bangli, Pura Agung Besakih di Karangasem dan Pura Goa Lawah di Klungkung. Kunjungan dimulai dari Pura Ulun Danu Batur. Disana Pangdam IX dan rombongan diterima oleh Jero Gede Batur Duuran didampingi oleh Jero Penyarikan Duuran, Dandim 1626/Bangli, Kapolsek dan Camat Kintamani.

"Disana Pangdam beserta rombongan melaksanakan doa bersama dipimpin oleh Jero Mangku Arta. Setelah melaksanakan doa Pangdam IX menyerahkan Dana Punia untuk Pura Ulun Danu Batur yang diterima oleh Jero Gede Batur Duuran selaku pengurus Pura," ungkap Kapendam IX/Udyana Kolonel Inf Agung Udayana, pada Rabu (20/3).

Selanjutnya Pangdam beserta rombongan melanjutkan kunjungan ke Pura Agung Besakih di Desa Besakih, Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem. Di sana Pangdam mendengarkan penjelasan tentang sejarah Pura Agung Besakih yang disampaikan oleh Ketua Panitia IBTK I Nyoman Artana. Pangdam dan rombongan juga berdoa di Utama Mandala Pura Agung Besakih dan juga menyerahkan dana punia.

Terakhir Pangdam dan rombongan menuju ke Pura Goa Lawah. Di sana Pangdam dan rombongan disambut Kadis Pariwisata Kabupaten Klungkung Sulistiawati, Bendesa Pura Goa Lawah, Dandim 1610/Klungkung, Kapolsek Dawan, Camat Dawan dan Tokoh Pura Goa Lawah. Rangkaian kegiatannya juga sama yakni doa bersama dan menyerahkan dana punia.

"Anjangsana Pangdam tersebut bertujuan untuk Nyinahang Angga (memperkenalkan diri) kepada tokoh Agama dan tokoh Adat sebagai pejabat baru di Bali. Pangdam mohon doa restu agar diberikan keselamatan, kekuatan dan kesuksesan dalam melaksanakan tugas dengan memberikan yang terbaik bagi masyarakat Bali," pungkasnya. 7 pol

Komentar