nusabali

Lima Pohon Perindang Kembali Ditebang

  • www.nusabali.com-lima-pohon-perindang-kembali-ditebang

NEGARA, NusaBali - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jembrana kembali membabat sejumlah pohon perindang yang berpotensi membahayakan di Jalan Umun Denpasar – Gilimanuk, Selasa (19/3). Pada kegiatan tersebut, ada lima pohon perindang yang ditebang karena kondisi lapuk.

Pembabatan pohon perindang jalan pada Selasa kemarin itu dilaksanakan di wilayah Desa Banyubiru, Kecamatan Negara. Sehari sebelumnya atau pada Senin (18/3), petugas BPBD Jembrana bersama sejumlah instansi terkait sempat membabat 8 pohon perindang. Dari 8 pohon itu, sebanyak 6 pohon langsung ditebang dan 2 pohon dipangkas. 

“Kalau yang sudah lapuk ataupun mati, langsung ditebang. Sedangkan kalau masih bagus, tapi dahannya terlalu rimbun sehingga berpotensi ditabrak truk dan semacamnya, ya dipangkas,” ujar Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Jembrana I Putu Agus Artana Putra, Selasa kemarin.

Dalam lanjutan kegiatan di wilayah Desa Banyubiru kemarin, kata Agus Artana, ada 5 pohon yang ditebang. Selain itu, juga ada 5 pohon yang dipangkas karena dahannya terlalu rimbun dan menjorok ke jalan. “Kegiatan itu akan terus berlanjut. Nanti terus bergerak ke timur. Kalau tim sudah siap dan cuaca memungkinkan, kami siap membantu,” ucapnya. 

Meski sudah ada upaya mitigasi tersebut, Agus Artana mengimbau masyarakat agar selalu waspada. Jika terjadi hujan ataupun angin kencang, pihaknya berharap masyarakat lebih berhati-hati untuk menghindari risiko pohon tumbang maupun bencana lainnya. 7 ode

Komentar