nusabali

Pralingga Ida Sasuhunan di Desa Adat Sangkanbuana Dipasupati

  • www.nusabali.com-pralingga-ida-sasuhunan-di-desa-adat-sangkanbuana-dipasupati
  • www.nusabali.com-pralingga-ida-sasuhunan-di-desa-adat-sangkanbuana-dipasupati

SEMARAPURA, NusaBali - Krama Desa Adat Sangkanbuana, Kecamatan Klungkung menggelar upacara ngeratep, melaspas dan masupati pralingga atau tapakan Ida Sasuhunan dan awig-awig di Pura Dalem Setra, Soma Wage Medangsia, Senin (18/3). Prosesi sakral ini dilanjutkan dengan ritual ngerehang di setra atau kuburan Desa Adat Sangkanbuana pada malam harinya.

Upacara ini digelar serangkaian rampungnya proses ngodakin Ida Sasuhunan yang melinggih (berstana) di Pura Dalem. Pralingga Ida Sasuhunan yang diperbaiki yaitu Ida Bhatara Lingsir, Ida Bhatara Ratu Gede, Ida Bhatara Ratu Ayu dan Ida Bhatara Ratu Anom. Proses upacara ngeratep, melaspas dan masupati pralingga Ida Sasuhunan ini dipuput oleh Ida Pedanda Putra Gelgel dari Geria Gede Kediri, Sengguan, Klungkung. 


Hadir, Ketua DPRD Klungkung Anak Agung Gde Anom, Panglingsir Puri Agung Klungkung Ida Dalem Smara Putra, Kadis Kebudayaan Klungkung Ketut Suadnyana mewakili Pj Bupati Klungkung, Bendesa Madya Majelis Desa Adat (MDA) Klungkung Dewa Made Tirta, Camat dan Lurah Semarapura Kauh.

Bendesa Adat Sangkanbuana I Wayan Sudiana Urip, mengatakan setelah upacara ngeratep, melaspas dan masupati, rangkaian upacara dilanjutkan dengan ritual ngerehang di setra atau kuburan Desa Adat Sangkanbuana. Kemudian Ida SAsuhunan dilanjutkan masolah calonarang pada Buda Umanis Medangsia, Rabu (20/3) malam ini. "Kami mengucapkan terimakasih atas dukungan semua pihak sehingga rangkaian upacara ini dapat terlaksana. Semoga Ida Bhatara Sasuhunan senantiasa memberikan kerahayuan untuk kita semua," ujar Sudiana Urip. wan

Komentar