nusabali

Depak Liverpool, MU Hadapi Coventry

Chelsea Tantang ManCity di Semifinal Piala FA

  • www.nusabali.com-depak-liverpool-mu-hadapi-coventry

MANCHESTER, NusaBali - Manchester United (MU) berpeluang kembali tembus final Piala FA, setelah lolos ke semifinal dengan mengalahkan Liverpool 4-3, dalam laga selama 120 menit, di Old Trafford, Minggu (17/3) malam. Di semifinal, MU ditunggu tim kasta kedua Liga Inggris Coventry, yang lolos empat besar seusai mengalahkan Wolverhampton Wanderers 3-2.

Sedangkan laga semifinal Piala FA lainnya, Chelsea akan menantang juara bertahan Manchester City, usai mengalahkan Leicester 4-2, di Stamford Bridgel, London, Sabtu (16/3) malam. Laga berjalan dramatis karena kedua tim menahan skor 2-2 selama 90 menit. Namun, The Blues merebut tiket semifinal berkat gol Carney Chukwuemeka dan Noni Madueke pada injury time babak kedua.

ManCity sendiri lolos ke semifinal usai menyudahi perlawanan Newcastle 2-0 melalui dua gol Bernardo Silva. Sedangkan The Magpies harus puas tidak mendapatkan gelar apapun pada musim ini karena sudah tersingkir di semua kompetisi.

Adapun Liverpool mengubur mimpi mempersembahkan empat gelar sebagai kado perpisahan pelatih Juergen Klopp. The Reds kandas secara dramatis di Old Trafford, dengan skor 4-3, usai Amad Diallo yang masuk sebagai pemain pengganti mencetak gol kemenangan di menit 120.

Klopp menjelaskan skuad Liverpool mengalami kelelahan karena jadwal padat sehingga kalah 3-4 dari MU. Ya, setelah menjuarai Piala Liga, Liverpool bertarung di tiga kompetisi berbeda meliputi Liga Primer Inggris, Liga Europa, dan Piala FA. 

Jadwal padat itu, kata Klopp, membuat The Reds kerepotan meladeni permainan MU saat kedua tim harus melewati babak tambahan hingga pertandingan berjalan selama 120 menit.

"Itulah pertama kalinya saya melihat tim ini benar-benar kesulitan. Itulah yang terjadi, kami kelelahan, banyak pertandingan sepak bola akhir-akhir ini. Selamat kepada United, mereka juga berjuang sangat keras," kata Klopp, yang akan meninggalkan Liverpool akhir musim ini.

Liverpool sebenarnya mampu menahan MU 2-2 selama 90 menit. Mereka bahkan sempat mencuri keunggulan melalui gol Harvey Elliot pada menit ke-105. Namun, MU memetik kemenangan dari gol Marcus Rashford pada menit ke-112 dan Amad Diallo pada menit ke-120 di saat pemain Liverpool terlihat kelelahan, gagal mengejar serangan balik kedua Diallo dan Alejandro Garnacho.

Sementara bagi MU kemenangan itu tidak hanya meloloskan ke semifinal Piala FA, melainkan membuka peluang besar mencapai babak final untuk kedua kalinya secara beruntun di Stadion Wembley. MU difavoritkan ke final Piala FA karena akan bertemu tim kasta kedua Coventry City. Pemenang laga ini akan bertemu dengan pemenang antara Chelsea vs Manchester City.

“Saat MU melawan Liverpool, itu salah satu pertandingan sepak bola terbaik dunia. Itu bersejarah. Tim menunjukkan ketahanan dan tekad untuk memenangkan pertandingan ini,” kata pelatih Erik ten Hag.

Ten Hag pun mengatakan kepada skuadnya, kemenangan 4-3 atas Liverpool di perempatfinal Piala FA merupakan bukti bahwa mereka mampu mengalahkan tim-tim kuat. Ten Hag ingin para pemainnya memanfaatkan momentum kemenangan ini untuk bangkit dengan meraih posisi empat besar di Liga SPrimer Inggris dan menembus final Piala FA. ant

Komentar