nusabali

Sukses Kirim 19 Atlet ke PON, FOBI Resmi Anggota KONI Bali

  • www.nusabali.com-sukses-kirim-19-atlet-ke-pon-fobi-resmi-anggota-koni-bali

DENPASAR, NusaBali - Federasi Olahraga Barongsai Indonesia (FOBI) resmi menjadi anggota Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Bali. Bergabungnya cabang olahraga itu sesuai keputusan Rapat Kerja Provinsi (Rakerprov) yang digelar di Gedung Wiswa Saba, Kantor Gubernur Bali, Jumat (15/3).

Menariknya, sebelum resmi bergabung, cabor itu ternyata sudah berhasil meloloskan atlet pada PON XXI/2024 yang digelar di Aceh dan Sumatera Utara pada September mendatang.

Ketua Umum Pengurus Provinsi Federasi Olahraga Barongsai Indonesia (FOBI) Bali, Andra Jaya mengaku sangat bahagia atas diterimanya cabor itu menjadi anggota KONI Bali. Dengan bergabungnya FOBI, Andra Jaya berharap ke depannya menjadi olahraga prestasi yang dapat mengharumkan nama Bali dalam berbagai ajang. 

"Kami sangat bahagia karena sudah menjadi bagian dari KONI Bali. Ke depan arahnya tentu ke prestasi. Ya, selama ini anak-anak kami masih sebatas entertein (menghibur,red) semata. Tapi, mulai saat ini sudah mengarah ke prestasi," kata Andra Jaya, Jumat (15/3)

Arah menjadi sebuah olahraga prestasi ini sudah mulai terlihat sejak Andra Jaya menjabat sebagai Ketua Umum FOBI Bali pada tahun 2023 silam. Yang mana, dirinya langsung tancap gas melakukan komunikasi dan koordinasi dengan KONI Bali dalam kelengkapan berkas untuk menjadi anggota. Alhasil, upaya itu bisa membuahkan hasil positif dan mendapat angin segar. Karena, berhasil membentuk Pengurus Kabupaten (Pengkab) di 8 kabupaten/kota yang ada di Pulau Dewata. "FOBI sendiri terbentuk 2013 di nasional. Bali baru mulai 2015, namun hanya sebatas entertein. Ya, akhirnya terlena dan tidak mengurus menjadi keanggotaan KONI. Baru tahun lalu kita bentuk pengurus hingga ke Kabupaten. Saat ini yang belum ada kepengurusan hanya Kabupaten Jembrana. Sisanya sudah ada semua," kata Andra Jaya. 

Berbarengan pengurusan berkas itu, Andra Jaya juga mengikutsertakan atletnya pada babak Kualifikasi PON. Gayung pun bersambut, anak asuhnya itu langsung meraih prestasi yang cukup gemilang yakni meloloskan 19 atlet ke PON Aceh dan Sumatera Utara pada September mendatang. Atlet Barongsai itu, lanjut dia, turun pada nomor beregu yakni kelas Naga yang panjang 19 meter dan Kelas Barongsai. Dia berharap, atletnya itu bisa meraih hasil positif pada ajang bergengsi itu.

"Kalau di PON XXI/2024, ada 10 kelas nantinya. Nah, kita kirim 19 atlet ini akan turun di 6 kelas. Tentu harapannya bisa meraih hasil terbaik dan mengharumkan nama Bali," pungkas Andra Jaya .dar

Komentar