nusabali

BI Minta Bank Jaga Pasokan Uang di ATM Selama Libur Lebaran

  • www.nusabali.com-bi-minta-bank-jaga-pasokan-uang-di-atm-selama-libur-lebaran

JAKARTA, NusaBali - Bank Indonesia (BI) meminta bank-bank nasional untuk menjaga yang di mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) selama periode liburan Lebaran 2024. Diketahui periode libur Lebaran tahun ini menjadi liburan terpanjang yang mana hampir 10 hari libur.

Deputi Gubernur Bank Indonesia Doni Joewono, mengatakan libur selama Lebaran 2024 ini dimulai dari 6-15 April 2024. Dia menyebut tradisi tiap tahun ini dapat meningkatkan aktivitas dan konsumsi masyarakat. Dia pun mengimbau kepada perbankan untuk memastikan stok uang aman di mesin ATM.

“Karena liburnya panjang dari 6 sampai 15 April, pastikan (uang) ATM tersedia,” kata Doni dalam acara Kick Off Semarak Rupiah Ramadan dan Berkah Idul Fitri (Serambi) 2024, Jakarta, Jumat (15/3) seperti dilansir detikcom.

Selain itu, pihaknya telah menyiapkan stok uang selama periode libur Lebaran. Apalagi prediksi Kementerian Perhubungan mudik Lebaran tahun 2024 mencapai 193,6 juta orang.

Untuk itu, pihaknya mengingatkan agar sistem di mesin ATM dapat berjalan dengan lancar. Sebab, dia menilai momentum kali ini sangat tepat untuk mendorong konsumsi masyarakat.

“Kami siap menyediakan sampai tanggal 5 April. Jadi, supaya masing-masing bank dapat mengisi ATM masing-masing dan termasuk memastikan sistemnya bekerja dengan baik,” jelasnya.

Lebih lanjut, BI telah menyediakan uang tunai layak edar mencapai Rp 197,7 triliun untuk penukaran uang receh pada momentum Lebaran tahun ini. Masyarakat dapat melakukan penukaran uang mulai hari ini sampai 5 April 2024.

Kepala Departemen Pengelolaan Uang BI Marlison Hakim mengatakan masyarakat dapat melakukan penukaran uang maksimal Rp 4 juta rupiah per orang. Kemudian untuk uang pecahan disediakan mulai dari Rp 1.000, Rp 2.000, Rp 5.000, Rp 10.000, Rp 20.000, Rp 50.000. 7

Komentar