nusabali

Ngembak, Arus Balik di Padangbai Sepi

  • www.nusabali.com-ngembak-arus-balik-di-padangbai-sepi

AMLAPURA, NusaBali - Arus balik saat Ngembak Nyepi dari Lombok di Pelabuhan Padangbai, Banjar Melanting, Desa Padangbai, Kecamatan Manggis, Karangasem, Kamis (12/3), masih sepi penumpang. Kapal pertama berlabuh di Dermaga I Pelabuhan Padangbai, KMP Wihan Bahari yang berlayar dari Pelabuhan Lembar, Mataram, NTB menuju Pelabuhan Padangbai, tiba pukul 07.00 Wita.

Saat bongkaran, hanya menurunkan kendaraan truk besar 3 unit, truk sedang sebanyak 12 unit, truk mini sebanyak 3 unik, kendaraan kecil sebanyak 9 unit, sepeda motor 46 unit dan total penumpang sebanyak 196 penumpang. Setelah bongkaran berlanjut menunggu penumpang naik dan berangkat pukul 12.00 Wita, juga sepi penumpang yang naik, hanya didominasi penumpang bersepeda motor.

Setelah kedatangan KMP Wihan Bahari menyusul datang KMP Marina Primera, dan Kapal LCT (landing craft transport). Kapal berikutnya yang berangkat dari Pelabuhan Padangbai menuju Pelabuhan Lembar, NTB KMP Marina Segunda pukul 15.00 Wita, berikutnya KMP Putri Yasmin pukul 16.30 Wita, dan KMP  Rodhita pukul 18.00 Wita.

Penumpang yang hendak menyeberang dari Pelabuhan Padangbai menuju Pelabuhan Lembar, Lombok, dan sebaliknya, sama-sama sepi penumpang, nyaris tidak ada antrean. Sehingga bongkar muat di dua dermaga lengang.

Sebelumnya, selama perayaan Nyepi Tahun Baru Caka 1946, yang puncaknya Soma Paing Langkir, Senin (11/3), sebanyak 25 kapal berhenti beroperasi. Penghentian beroperasi berlaku sejak Senin (11/3) pukul 06.00 Wita hingga Selasa (12/3) pukul 06.00 Wita. Kapal terakhir berangkat dari Pelabuhan Padangbai, Senin (11/3) pukul 03.00 Wita, dan kapal terakhir berangkat dari Pelabuhan Lembar Minggu (10/3) pukul 19.30 Wita.

Kepala Jaga Kantor Kesyahbandaraan Otoritas Pelabuhan Kelas IV Pelabuhan Padangbai I Nyoman Parwata mengatakan, baik penumpang yang turun maupun berangkat dari Pelabuhan Padangbai, sepi penumpang. "Sepi penumpang, arus balik di ngembak nyepi tidak ada bedanya dengan hari-hari biasanya," kata Parwata.

Kapolsek Kawasan Pelabuhan Padangbai Kompol AA Ngurah Agung mengakui, penumpang dari Pelabuhan Padangbai dan dari Pelabuhan Lembar, sepi penumpang.

Jadwal pengoperasian 25 kapal akan kembali normal, mulai Jumat (24/3), selama 24 jam, terbagi 13 trip, sebanyak 13 kapal. Shift I pukul 08.00 Wita-20.00 Wita mengoperasikan 7 kapal, dan shift II pukul 20.00 Wita-08.00 Wita mengoperasikan sebanyak 6 kapal.

Di samping selama ngembak nyepi arus penumpang sepi. “Situasi penumpang sepi, dan bongkar muat kapal, tanpa kendala,” jelasnya.7k16

Komentar