nusabali

Tom dan Ragnar Disumpah Jadi WNI pada 13 Maret

  • www.nusabali.com-tom-dan-ragnar-disumpah-jadi-wni-pada-13-maret

JAKARTA, NusaBali - PSSI menargetkan Ragnar Oeratmangoen dan Thom Jan Haye menjalani angkat sumpah menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) paling lambat pada 13 Maret 2024. Sedangkan Maarten Paes kemungkinan baru memperkuat Garuda pada bulan Juni atau dalam kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia putaran kedua melawan Irak dan Filipina di kandang.

Ketua Umum PSSI Erick Thohir menyampaikan hal tersebut berkaitan dengan proses naturalisasi pemain sepakbola untuk membela Tim Nasional (Timnas) Indonesia dalam kompetisi mendatang. seperti Piala Asia U-23 maupun kualifikasi Piala Dunia 2026.

Erick menjelaskan, permohonan naturalisasi terhadap Ragnar dan Tom sudah disetujui DPR RI, namun prosesnya masih terus berlanjut. Saat ini, kata Erick, pihaknya juga masih menunggu surat dari DPR RI kepada Presiden Joko Widodo untuk selanjutnya mendapatkan persetujuan dari presiden sehingga pemain bisa mengangkat sumpah dan mendapatkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan paspor.

Erick mengatakan pemain naturalisasi yang paling berpotensi bermain membela timnas yaitu Nathan Thoe-A-On karena prosesnya sudah selesai dibandingkan dengan Ragnar dan Tom Haye.

Meskipun naturalisasi pemain masih dalam dinamika, namun Erick memandang bahwa sepak bola adalah permainan tim atau tidak bergantung pada pemain tertentu.

Sedangkan terkait naturalisasi Maarten Paes, kata Erick, kemungkinan baru dapat memperkuat Garuda pada bulan Juni atau saat berlaga di kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia putaran kedua melawan Irak dan Filipina di kandang.

Hal itu dikatakan Erick setelah Maarten tak masuk 28 skuad pilihan Shin Tae-yong (STY) untuk kualifikasi Piala Dunia 2026 bulan Maret saat dua kali melawan Vietnam di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta pada 21 Maret dan di Stadion My Dinh, Hanoi pada 26 Maret. Sedangkan Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen, dipanggil STY untuk melawan The Golden Stars.

Selain itu, Marteen belum bisa gabung, kata Erick, karena Major League Soccer (MLS) Amerika Serikat sedang bermain, bahkan baru memulai jalannya musim ini pada sekitar akhir Februari lalu. ant

Komentar